Salut! TNI Berhasil Menangkap dan Tenggelamkan Kapal Buronan 13 Negara


viking kapal

Prestasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali menjadi sorotan dunia. Pasalnya, ‎Kapal perang Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) KRI Sultan Thaha Saifudin-376, berhasil menangkap kapal FV Viking berbendera Nigeria yang menjadi target operasi interpol Norwegia saat memasuki perairan Indonesia.

Kapal ini adalah buronan dari 13 negara dan berhasil dibekuk oleh pihak Indonesia. Kapal pencuri ikan FV Viking telah lama diburu berbagai negara dan akhirnya kapal buronan interpol itu bisa ditangkap oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL).

“Tigabelas negara bertahun-tahun memburu FV Viking, kapal pencuri ikan lintas negara. Indonesia berhasil menangkapnya,” kata Presiden Joko Widodo dalam akun Twitter Senin (14/3/2016).

“Kapal tersebut berhasil ditangkap KRI Sultan Thaha Saifudin di 12.5 nautical mile perairan utara Berakit, Kepulauan Riau. Kapal dengan nakhoda Huan Venesa warga negara Chili dan diawaki oleh 11 ABK itu selanjutnya dikawal menuju Tanjung Uban,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (8/3/2016), dilansir dari sindonews.com.

Menurut Zainuddin, dari informasi Purple Notice Interpol Norwegia, kapal tersebut sudah 13 kali ganti nama, 12 kali ganti bendera dan 8 kali ganti call sign. Kapal ini terlibat dalam penipuan yang berhubungan dengan kejahatan perikanan.

Penangkapan ini juga mendapatkan pujian dari pihak luar. Salah satunya dari Singapura.

“Keberhasilan penangkapan kapal buruan interpol tersebut ini mendapat ucapan selamat dari Komandan Maritime Security Task Force (Komandan MSTF) di Singapura” tegasnya.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBenda Aneh Ini Terlihat Saat Siaran Langsung NASA di Luar Angkasa. Apakah Alien?
Berita berikutnyaYanto Basna Gabung Persib, 2 Bek Ini Hengkang…