Kim Jong Un Bertemu Presiden Korsel, Amerika Serikat Harapkan Kebaikan untuk Rakyat Korea


    Foto: Tirto

    SURATKABAR.ID – KTT Korea Utara-Korea Selatan yang dilangsungkan di Zona Demiliterisasi (DMZ) pemisah dua negara mendapatkan tanggapan dari pemerintah Amerika Serikat.

    “Terkait pertemuan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, kami mengharapkan kebaikan bagi rakyat Korea. Kami menaruh harapan agar pembicaraan dapat mencapai kemajuan menuju perdamaian di masa depan dan kemakmuran bagi seluruh Semenanjung Korea,” demikian pernyataan yang dirilis Gedung Putih, seperti dilansir dari Liputan6.com, Jumat (27/4/2018).

    Amerika Serikat menghargai koordinasi yang solid dengan sekutu kami, Korea Selatan, dan berharap dapat melanjutkan diskusi yang dalam sebagai persiapan pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un dalam beberapa pekan mendatang”.

    Kim Jong Un mengawali KTT Korea Utara-Korea Selatan ini dengan berjalan mendekati garis perbatasan yang berada di Panmunjom. Sedangkan Presiden Moon Jae In berdiri di seberangnya.

    Keduanya tersenyum kemudian berjabat tangan. Dengan begitu resmilah KTT Korea Utara-Korea Selatan dimulai untuk pertama kali setelah satu dekade lebih.

    Baca juga: Media Korea Selatan Sebut Pertemuan Pemimpinnya dengan Kim Jong Un Tidak Memuaskan

    Mereka lantas saling mempersilahkan menginjakkan kaki di wilayah negara masing-masing. Kim Jong Un mengawali dengan lebih dulu melangkah ke Selatan, lalu disusul oleh Moon Jae In melangkah ke Korea Utara.

    Lalu, Moon Jae In dan Kim Jong Un masuk ke wilayah Korea Selatan. Kemudian bergulirlah serangkai agenda KTT Korea Utara-Korea Selatan.

    Pembicaraan akan dilangsungkan di Pease House dan sepanjang perjalanan, disuguhkan lagu tradisional Korea, Arirang, untuk Moon Jae In dan Kim Jong Un.

    Moon Jae In mengawali dengan memperkenalkan sejumlah pejabat Korea Selatan pendampingnya dalam KTT Korea Utara-Korea Selatan. Lalu Kim Jong Un menjabat tangan mereka semuanya.

    Setelah itu giliran Moon Jae In menjabat tangan delegasi Korea Utara satu per satu. Terlihat salah satu dari pejabat Korea Utara yakni adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong.

    Selain satu hubungan darah dengan Kim Jong Un, Kim Yo Jong juga berperan menjadi salah satu penasihat paling dekatnya. Setelai sesi saling kenal selesai mereka pun berfoto bersama.

    Moon Jae In dan Kim Jong Un melangkah menuju Peace House di mana akan dilaksankaan pembicaraan yang bersejarah.

    Sesampainya di Peace House, Kim Jong Un mengisi buku tamu dan kemudian kedua pemimpin melangkah memasuki ruang pertemuan.