Kenalan dengan Jokowi’s Angels Paspampres Sosok Kartini Masa Kini


Foto: Detik

SURATKABAR.ID – Anggota Paspampres perempuan menyita perhatian usai mengawal Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (25/4/2018). Rupanya seringkali warga tak mengenali Jokowi’s Angels ini. “Banyak sekali yang tidak tahu kalau kami Paspampres,” kata salah satu anggota Paspampres, Sertu Vera Defita, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Sertu Vera. Foto: Detik

Ia bercerita pengalamannya salah satunya yakni warga tidak mengenalinya ketika mengawal Ibu Negara Iriana. Menurut Vera dirinya sebagai Paspampres tak dikenali warga, seperti ketika warga minta foto bersama dengan Iriana.

“Kalau kami, seperti Ibu, kalau lagi foto, ada yang bilang, ‘Mbak, minggir, dong, saya mau foto.’ Lalu kami sampaikan, ‘Maaf, kami Paspampres untuk mengamankan Ibu.’ Dan selalu kami sampaikan, kami sapa dan kasih senyum,” kata Vera.

Tetapi tidak selamanya mereka ini tak dikenal. Serda Nancy bercerita bahwa ia pernah diajak foto bersama oleh warga. “Kadang kalau nggak sempat sama Presiden, (warga) suka ajak foto kami,” kata Nancy yang merupakan jebolan TNI AU.

Serda Nancy. Foto: Detik

Seperti diketahui, hari ini, Rabu (25/4/2018) Presiden Jokowi hadir dalam apel prajurit wanita TNI dan Polri. Tadi pagi Jokowi dikawal Paspampres wanita di Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Sertu Vera dan rekan-rekan diserahi mandat langsung dari Danpaspampres Mayjen (Mar) Suhartono untuk mengawal Jokowi.

Baca juga: Begini Kisah Pengawal Jokowi yang Coba Tangkap Jambret

“Untuk hari ini sesuai petunjuk atasan kami, Danpaspamres. Mungkin event nya ini dalam rangka hari Kartini. Kami diperintahkan untuk mengamankan presiden dalam upacara ini,” kata Sertu Vera di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Sertu Vera sendiri berasal dari satuan TNI AD. Ia mengikuti seleksi Paspampres pada tahun 2011. Bisa menjalankan tugas untuk mengawal Jokowi hari ini membuatnya merasa bangga. “Kami bangga bisa mengawal bapak pada hari Kartini ini,” ucap Vera.

Vera berada di grup A Paspampres yang memberikan pengamanan langsung kepada Jokowi atau Ibu Negara Iriana. Namun ia lebih sering mengawal Iriana. Vera juga menceritakan pengalaman yang berkesan saat mengawal Jokowi. Terutama di saat sang kepala negara blusukan.

Vera tergabung dalam grup A Paspampres yang secara langsung memberikan pengamanan kepada Jokowi atau Ibu Negara Iriana. Tetapi lebih sering dirinya mengawal Iriana. Ia pun bercerita tentang pengalaman berkesan ketika mengawal Presiden Jokowi.

“Banyak sih. Kami sudah lama juga di sini, di Paspampres. Yang paling blusukan kalau ada warga. Kami kan membuat tidak ada jarak antara presiden dengan warga. Bagaimana caranya, kami harus buat aman,” ucapnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPenelitian Temukan Kunci Sederhana Kalau Mau Panjang Umur, Biasakan Tidur Siang Saja
Berita berikutnyaPertemuan Rahasia dengan Jokowi Terbongkar, PA 212 Desak Istana Usut Tuntas