Penelitian Temukan Kunci Sederhana Kalau Mau Panjang Umur, Biasakan Tidur Siang Saja


Foto: Detik

SURATKABAR.ID – Untuk bisa hidup dengan sehat dan juga panjang umur maka kita perlu menjalankan pola makan dengan memenuhi gizi agar seimabng, serta melakukan aktivitas fisik secara teratur. Tapi, ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan tidur siang juga penting.

Menurut hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari American Health in Aging Foundation yang dilakukan terhadap lebih dari 3.000 lansia dengan umur di atas 65 tahun, hasilnya ditemukan kalau partisipan yang tidur siang selama kurang lebih satu jam maka usianya menjadi lebih panjang.

Di samping itu, partisipan yang tidur siang pun mempunyai fungsi kognitif lebih baik dibandingkan dengan yang tidak tidur siang. Peneliti meyakini hal tersebut membuat mereka memiliki risiko yang lebih rendah terhadap serangan penyakit otak seperti demensia serta alzheimer.

“Fungsi mental seseorang akan mengalami penurunan secara bertahap. Tidur siang memantu menjaga fungsi otak dan memperlambat penurunan fungsi mental ini,” kata dr Junxin Li, seperti dilansir dari Detik.com.

Baca juga: Ketiduran Saat Beraksi di Rumah Korban, Si Pencuri Berantai Ini Bikin Ngakak Ketika Buka Mata

Akan tetapi, menurut penjelasan dari dr Li tidur siang memberi manfaat yang besar jika aktivitas tersebut dilakukan selama satu jam. Namun, kalau tidur siang dilakukan kurang atau lebih dari satu jam maka manfaatnya untuk otak lansia kemungkinan akan jadi tak terasa.

Menurutnya, tidur siang untuk lansia sendiri tidak sama dengan power nap. Perbedaan di antara keduanya yakni, power nap ialah tidur siang yang disarankan agar dilakukan oleh para pekerja dan juga siswa supaya bisa menjaga fokus dan produktivitas tetap maksimal.

Sebaiknya power nap dilakukan tidak sampai 20 menit. Karena, apabila lebih dari itu, maka justru kita akan terbangun dengan keadaan pusing. Pasalnya, tidur telah memasuki fase dalam ketika itu.