Tak Kalah Langka, Inilah Pesona Si Eksotis Anggrek Hitam Papua yang Harganya Bikin Merem Melek!


SURATKABAR.ID – Bukan fakta yang mengejutkan lagi jika Indonesia dipenuhi dengan kekayaan flora yang sangat luar biasa. Dan dari begitu banyak tanaman eksotis di Nusantara, bunga anggrek menjadi salah satu yang pesonanya dikagumi hingga ke seluruh belahan dunia.

Dilansir dari laman Grid.ID, Minggu (5/11/2017), salah satu jenis anggrek Indonesia yang paling terkenal adalah anggrek hitam (Coelogyne Pandurata). Dan tak hanya anggrek hitam Kalimantan saja yang mendunia. Karena Indonesia masih punya anggrek hitam lain yang tak kalah langka dan penuh pesona.

Anggrek Hitam Kalimantan

Adalah anggrek hitam Papua yang eksotik. Meski sama-sama hitam, namun ada perbedaan mencolok dari anggrek hitam Papua dan anggrek hitam Kalimantan. Di Indonesia, hanya Kalimantan Timur dan Papua saja yang menjadi tempat pertumbuhan bagi anggrek hitam.

Meski ada anggrek hitam Kalimantan yang memiliki bunga hitam pekat keseluruhan, namun kebanyakan berhelai bunga berwarna hijau mempesona. Sementara anggrek hitam Papua yang memiliki putik bunga cerah ini dikaruniai kelopak bunga hitam kelam yang merata, baik di bagian luar dan dalamnya.

Baca Juga: Allahuakbar! Anggrek Tumbuh Diatas Al Quran

Karena sangat langka, tak heran anggrek hitam Papua menjadi pilihan yang paling banyak dicari kolektor tanaman hias. Meski harga yang ditawarkan di pasaran terbilang cukup fantastis, yakni hingga angka ratusan juta rupiah, namun tak membuat bunga ini berhenti dicari.

Dengan harga yang tinggi tersebut membuat anggrek hitam Papua rentan diselundupkan demi membawa mereka ke luar Papua, bahkan ada yang sampai ke luar negeri. Fakta tersebut terdengar sangat ironis.

 

Anggrek Hitam Papua

Pasalnya, anggrek hitam Papua memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi jika dikembangbiakkan di luar habitat asli mereka di luar Papua. Menurut catatan, rasio keberhasilan untuk mengembangbiakkan anggrek langka Nusantara yang satu ini di luar Papua hanya mencapai 20-30 persen saja.