Waduh! Nenek Pengemis 74 Tahun Terjaring Razia, Kedapatan Bawa Uang Jutaan


Suminem ketika akan dipulangkan ke Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Rabu (18/4/2018). Foto: Kompas

SURATKABAR.ID – Seorang pengemis tua yang tengah beroperasi di kawasan ATM Jalan Patiunus, Kediri ditangkap oleh petugas Satpol PP Kota Kediri, Jawa Timur pada Rabu (18/4/2018).

Hasil pemeriksaan membuat petugas kaget lantaran ditemukan sejumlah uang yang merupakan milik nenek-nenek pengemis tersebut.

Suminem (74), nama pengemis yang asalnya dari Desa Sugihan, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk tersebut kedapatan memiliki uang sejumlah Rp 1.178.200 setelah dihitung.

Uang milik Suminem tersebut yakni berbentuk aneka pecahan serta disimpannya di dalam kotak plastik yang ia bawa. Terdapat juga kain lusuh yang bercampur dengan uang yang tersimpan di dalam kotak tersebut.

“Pengakuannya, itu hasil kerja antara 7-10 hari,” kata Nur Khamid, Kepala Satpol PP Kota Kediri, Rabu (18/4/2018) seperti dilansir dari Kompas.com.

Baca juga: Tertangkap Bawa Perhiasan dan Rp 43 Juta, Pengemis Kaya Beberkan Fakta Mengejutkan

Lebih lanjut Khamid mengatakan bahwa Suminem juga mengakui dirinya memiliki kekayaan materi dengan jumlah yang lumayan. Kekayaan yang dimilikinya yakni berupa tiga rumah, sawah dan dua ekor sapi yang berada di daerah asal Suminem.

Menurut pengakuan Suminem, ia menjalankan aktivitas mengemis sejak pagi sampai sore. Setidaknya, setiap hari ia mendapatkan uang sejumlah Rp 40.000 hingga Rp 50.000.

“Kalau ada orang baik, saya dikasih Rp 100.000,” ucap Suminem. Katanya, aktivitas tersebut tak membutuhkan usaha yang besar. Ia pun cukup berdiam diri sembari membawa mangkuk, kemudian orang akan merasa iba dan memberi uang kepada Suminem.

Di sisi lain, berdasarkan catatan dari Satpol PP, Suminem terjaring razia bukan hanya kali ini saja. Malah ini kali ketiga nenek yang berjalan menggunakan bantuan tongkat itu terjaring razia.

Dari hasil koordinasi Satpol PP dengan Dinas Sosial keputusannya adalah memulangkan Suminem ke Nganjuk yang merupakan daerah asalnya. Pun semua uang miliknya juga dikembalikan kepada Suminem.

“Kami akan dampingi kepulangannya ke Nganjuk,” tutur Maryati, kader Tim Reaksi Cepat Perlindungan Sosial Dinas Sosial Kota Kediri, seperti dilansir dari Kompas.com.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaWaduh, Inilah Tanda Illuminati ‘Mata Satu’ Mengeliling Hidup Kita. Bahkan Sejak Zaman Dahulu!
Berita berikutnyaFacebook Tuding Twitter dan Google Juga Kumpulkan Data Pengguna