Waduh! Toko Online Jual Kamera Pengintai Berbentuk Gantungan Baju, Netizen Singgung Menteri


SURATKABAR.ID – Masyarakat sekarang dimanjakan dengan adanya Belanja Online atau yang biasa disebut dengan Toko Online atau juga Online Shop (Olshop). Dengan keberadaan mereka, kita bisa dengan mudah mendapatkan barang kebutuhan tanpa harus keluar dari rumah.

Pembeli hanya perlu melihat barang yang dijual melalui website atau pun aplikasi di smartphone. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan, hingga papan bisa didapatkan melalui belanja online. Usai mentransfer harga barang ditambah ongkos kirim, kita tinggal duduk manis di rumah.

Namun baru-baru ini netizen diresahkan dengan penjualan barang komplementer, yakni kamera pengintai. Pasalnya, tidak seperti kamera pengintai pada umumnya, bentuk kamera pengintai yang dijual di toko online ini seperti gantungan baju, dilansir Grid.ID dari akun Twitter Hariz Anggara Ken.

Akun Twitter Hariz Anggara Ken, @harizanggara, mengunggah sebuah postingan mengejutkan pada Kamis (12/4) lalu. Ia menyebutkan mudahnya masyarakat mendapatkan produk “Spy Cam Gantungan Baju” bisa semakin meningkatkan korban pelecehan.

Dear @tokopedia. Bisa tolong di take out produk “Spy Cam Gantungan Baju”? Udah puluhan seller yg jual di Toped. Dan produk ini bisa makan banyak korbanpornografi. Tolong banget ditindaklanjuti case ini secara serius,” tulis @harizanggara, dikutip dari Grid.ID, Minggu (15/4/2018).

Baca Juga: Kocak! Pakai Kekayaan Alam untuk Dapat Foto Mengesankan, Malamnya Malah Nangis-Nangis Minta Tolong

Tak hanya di satu toko online saja, melalui akun Twitter miliknya Hariz juga menuliskan tuntutan kepada beberapa toko online lain yang menjual produk kamera pengintai berbalut bentuk gantungan baju yang sama. Imbauan Hariz mendapat tanggapan langsung dari pihak toko online.

Unggahan Hariz mendapat dukungan dari banyak netizen. Tak hanya menyuarakan keresahan mereka atas dijualnya produk tersebut, beberapa penghuni jagad maya. Bahkan menyinggung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia.

Ini produk bahaya banget buat cewek,????” komentar akun dengan nama @elauffar.

Apapun bentuknya, spy cam berpotensi melanggar privacy karena sifatnya ‘spy’,” seloroh akun @V4Vendett4.

Mohon dicek di e-commerce lain, ya, pak. Mungkin juga bisa dipertimbangkan untuk dijadikan barang tak layak jual/dilarang beredar,” sambung @Akhlis_M.

Bahaya bener nih barang kalau keluarga kita sampai yang jadi salah satu korbannya,” tutur @agomes_taafnam.

Bu Mentri @kpp_pa seperti ini sangat meresahkan masyarakat. Semoga bisa di bantu menghentikan hal hal negatif yg nanti bisa di timbulkan,” tulis pemilik akun Twitter lainnya, @fajarpricetag.