PNS Bakal Gajian Tiga Kali di Bulan Juni 2018

SURATKABAR.IDPara Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang jumlahnya mencapai 4,3 juta akan gajian sebanyak tiga kali pada bulan Juni 2018 mendatang.

Menyusul kemungkinan besar pembayaran gaji ke-13 dan 14 yang akan dilakukan pada bulan yang sama. Ditambah dengan gaji rutin bulanan, sehingga 4,3 juta orang ini akan gajian sebanyak tiga kali dalam satu bulan.

Gaji ke-13 sendiri merupakan bantuan untuk PNS terkait kebutuhan sekolah anak jelang tahun ajaran baru. Sementara gaji ke-14 merupakan semacam Tunjangan Hari Raya (THR).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyampaikan kemungkinan gaji ke-13 dan 14 akan dibayarkan pada bulan Juni.

“Insya Allah gaji 13 dan THR (gaji 14) akan diterima bebarengan (bulan Juni),” kata Bima dikutip dari JPNN, Kamis (5/4/2018).

Baca juga: Skema Pensiun Berubah Drastis, Gaji PNS Bakal Meroket

Gaji ke-14 rencananya akan dibayarkan awal bulan. Sementara gaji ke-13 di akhir bulan. Namun, kebijakannya tergantung kemampuan keuangan negara.

“Mudah-mudahan bisa barengan Juni. Karena anak-anak juga membayar uang pendidikan di bulan Juni. Sementara Lebaran Idulfitri pertengahan Juni,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi, Agus Pirngadi menjelaskan, pembayaran gaji ke-13 dan 14 untuk para PNS masih menunggu Surat Edaran (SE) dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Jambi Deki Subianda mengatakan pemerintah Kota Jambi sudah siap jika ada instruksi pembayaran gaji ke- 13 dan gaji ke- 14 dari pemerintah pusat.

“Untuk pembayaran gaji ke-13 dan gaji ke-14 Insya Allah kita sudah siap, kalau ada instruksi dari pusat untuk pencairan kita siap untuk membayarkan,” katanya.

Deki menambahkan, mekanisme pembayaran gaji ke-13 dan gaji ke-14 tidaklah serentak. Untuk gaji ke-14 akan dibayarkan menjelang lebaran sedangkan gaji ke-13 akan dibayarkan saat masuk tahun ajaran baru.

Dijelaskan, besaran gaji ke-13 setara gaji pokok (gapok) plus tunjangan kinerja (tukin). Sedangkan THR, hanya gapok tanpa tukin.