Dahsyat! 6 Makanan Ini Singkirkan Racun Tubuh Secara Alami


Foto: Kompas

SURATKABAR.ID – Sekarang ini yang namanya detoksifikasi sudah jadi tren dan bagian dari gaya hidup. Banyak orang yang melakukannya pada akhir pekan, setelah menjalani pola makan yang kerap terganggu pada hari Senin sampai Jumat.

Detoksifikasi sendiri merupakan proses pembersihan tubuh dari racun yang mengendap dan zat-zat kimia berbahaya, dikarenakan pola makan yang memang kurang sehat. Prosesnya tidaklah rumit, bahkan cukup dengan memakan makanan sehat yang bisa membersihkan sampah dan racun dari dalam tubuh.

Dilansir dari Kompas.com, berikut makanan yang bisa dikonsumsi untuk detoks secara alami. Bisa Anda siapkan buat akhir pekan, ya.

  1. Alpukat

Manfaat buah alpukat ini cukup banyak, seperti tingginya kandungan antioksidan, dimana glutathione salah satunya. Alpukat bisa membersihkan tubuh dengan membuang zat kimia yang beracun dari tubuh. Sesudahnya, tubuh jadi terasa lebih segar dan sehat.

  1. Kubis

Berdasarkan informasi dari Food Fermentation Laboratory, U.S. Department of Agriculture, Agricultural Research Service, North Carolina State University, kubis kaya belerang  yang dapat berfungsi membantu mengeluarkan pestisida serta sisa-sisa dari obat-obatan, jika mengendap bisa membahayakan tubuh.

Baca juga: Inilah Makanan yang Bisa Melecut Gairah Seksual Wanita

  1. Lemon

Buah ini sangat kaya manfaat. Selain untuk minuman atau menggunakan perasan airnya untuk menyedapkan masakan, lemon juga mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah tinggi. Mengonsumsi lemon tiap hari bisa membersihkan berbagai zat kimia berbahaya serta mellindungi liver.

  1. Brokoli

Brokoli adalah sayur yang tinggi kandungan antioksidan sehingga dapat membersihkan tubuh. Terdapat pula ensim yang bisa membantu jalannya sistem pencernaan. Sebenarnya yang terbaik adalah memakan brokoli mentah sebab masih penuh nutrisi sebelum berkurang usai mendapat proses pemanasan.

  1. Bawang Putih

Layaknya kubis, bawang putih banyak mengandung sulfur yang bisa membersihkan tubuh dari dalam. Juga memiliki sifat antibiotik yang membantu menyembuhkan peradangan. Jadi, banyak keuntungan yang didapat dengan mengonsumsi bawang putih.

  1. Jeruk Keprok

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2013, buah ini bisa membantu sistem pencernaan dengan membersihkannya. Juga, dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Dan, karena kalorinya yang rendah, jeruk keprok ini sangat baik untuk diet.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJusuf Kalla Tegaskan Kriminalisasi Ulama Itu Tidak Ada
Berita berikutnyaPenyanyi Asal Singapura Layangkan Somasi untuk Elvy Sukaesih, Kenapa?