Gawat! Sering Dibawa Anak-Anak Mandi, Isi Bebek Mainan Bisa Mengancam Nyawa


SURATKABAR.ID – Anak-anak memang sering mandi sambil membawa mainan kesukaannya. Dan kebanyakan memilih bebek-bebekan karet yang bisa mengapung di dalam bak mandi mereka. Saat mandi memang menjadi kesempatan buah hati bermain air tanpa perlu dimarahi.

Namun tahukah Anda, jika ternyata di dalam mainan lucu yang bahkan terlihat tak berdosa ini, tersimpan hal mengerikan? Parahnya lagi, masih banyak orangtua yang mengabaikan hal tersebut dengan membiarkan buah hati mereka bermain dengan bebek karet di dalam bak mandi.

Lucu memang, apalagi bebek mainan ini terbuat dari karet sehingga membuat anak mana pun gemas untuk menggigitinya. Tetapi sebaiknya Anda mulai waspada, karena kebiasaan tersebut bisa menimbulkan infeksi mata, telinga, hingga perut pada anak-anak.

Seperti yang dilansir Grid.ID, Rabu (28/3/2018), dari laman The Sun, para ilmuwan mengungkapkan di dalam mainan bebek berwajah ramah ini tersembunyi kandungan kuman dan bakteri yang sangat berbahaya. Untuk membuktikan kebenarannya, peneliti membedah mainan karet tersebut dan menunjukkan isinya.

Baca Juga: Ajaib! Hanya Bahan Rumahan Sederhana, Tapi Bisa Basmi Kecoak Selamanya

Usai pisau membelah tubuh bebek karet kuning ini, tampak rongga kosong di dalamnya. Dan yang mengejutkan adalah, ada begitu banyak kuman dan bakteri di sana. Dan berdasarkan hasil tes, diketahui mainan bebek tersebut terkontaminasi lebih dari 9 juta serangga setiap sentimeter perseginya.

Disebutkan, yang membuatnya berbahaya adalah risiko infeksi dari kuman dan bakteri yang bersembunyi di dalam mainan tersebut. Kuman dan bakteri jahat berkembang karena kelembaban tinggi di kamar mandi.

Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa kuman semakin tinggi berkembang karena paparan sabun, keringat, dan juga air kencing. Orangtua mana yang tega membiarkan anak tercintanya terserang penyakit yang disebabkan dari mainan mereka.

Untuk menghindari segala kemungkinan resiko mengerikan yang ada, pemimpin penelitian tersebut, Lisa Neu menegaskan betapa pentingnya menjaga kebersihan dari mainan bebek-bebek karet setiap kali habis dipakai. Jika perlu rebus si bebek karet itu dengan menggunakan air mendidih usai dimainkan anak-anak.