Tegas! Cak Nun Ogah Bertemu Tokoh Politik, Alasannya Menohok


SURATKABAR.ID – Budayawan Emha Ainun Najib yang akrab disapa Cak Nun dengan tegas mengungkapkan bahwa dirinya tengah menghindari pertemuan dengan tokoh politik.

Menurut Cak Nun, di tahun politik 2018-2019 ini, dia berusaha untuk tidak bertemu dengan tokoh-tokoh dari partai politik. Apalagi jika mereka datang ke rumahnya di kampung Kadipiro, Yogyakarta.

“Tahun politik ini, kami menghindarlah, jangan sampai tokoh-tokoh politik itu sampai datang ke sini,” ujarnya saat ditemui di Yogya, Jumat (23/3/2018) lalu, dikutip dari tempo.co.

Cak Nun menuturkan, sudah bukan rahasia lagi bahwa tiap mendekati Pemilu atau Pilkada, tak sedikit tokoh dan petinggi politik yang datang ke rumah sekaligus sanggar seni tersebut. Kadang mereka datang dalam rombongan kecil, kadang pula rombongan besar dengan dalih silaturahmi dan diskusi tentang persoalan bangsa.

“Meskipun saya bersahabat baik secara manusia dengan para tokoh itu, tapi tahun politik ini tidak dululah (bertemu),” lanjutnya.

Baca juga: Jleb! Mulai Hutang Hingga Kapasitas Sebagai Presiden, Demokrat Ungkap Perbedaan SBY dan Jokowi

Menurut pandangannya, ia enggan bertemu dengan tokoh politik karena belum bisa mengajak mereka sepemikiran soal kebangsaan dan Indonesia.

“Wong berpikirnya (para elit itu) masih ‘bangsa untukmu’ bukan ‘kamu untuk bangsa’, sudah salah sejak dalam pemikiran, ya sudah,” tegasnya.

Cak Nun kemudian menyinggung soal aksi saling serang para politikus di media sosial. Ketidakjelasan perpolitikan di Indonesia ini menurut Cak Nun selalu memicu polemik. Akibatnya, setiap orang akan berpihak ke kelompoknya dan berusaha menyalahkan pihak lain.

“Kita butuh pemimpin yang bener, yang tak berpihak golongan A atau B, tapi sepertinya masyarakat juga sudah lupa butuh pemimpin yang tak berpihak,” kata Cak Nun.

Oleh karena itu, ia memilih untuk tak ikut campur dalam polemik politik yang terjadi di Indonesia. Ia lebih memilih melakukan sesuatu yang benar saja.

“Aku tak gawe lapangan dewe sing bener wae, mainke sing bener (Saya bikin lapangan sendiri saja, memainkan yang benar saja),” tukasnya.

Jika 2 Tokoh ini yang kembali jadi capres. Siapakah capres yang bakal Anda pilih di Pilpres 2019 mendatang?

Posted by SuratKabar.ID on Tuesday, 20 March 2018