Kakek Ini Adalah Salah Satu Saksi Sejarah Kemerdekaan RI yang Kini Tinggal di Gubuk dan Tak Terurus. Baca dan Sebarkan!


1

Tidak banyak orang yang mengenal siapa kakek Arsilan ini. Tapi yang jelas Bung Karno, Presiden pertama RI sangat mengenal sosok kakek Arsilan ini. Kakek Arsilan walaupun sudah berusia lanjut, namun ia mengaku kalau ingatannya masih sangat kuat, bahkan lagu Miyoto yang ia pelajari saat bergabung bersama Heiho pada 1943 masih bisa dinyanyikannya dengan fasih.

Kakek Arsilan dan keluarganya dahulunya adalah pekerja yang merawat kediaman Bung Karno Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta Pusat. Ia adalah salah satu saksi sejarah Proklamasi Kemerdekaan RI yang masih tersisa di Indonesia.

Kakek Arsilan ikut memasang tiang bendera yang terbuat dari bambu yang digunakan untuk memasang bendera merah putih yang dijahit oleh ibu Fatmawati di halaman kediaman Bung Karno saat itu. Mengapa tiang bambu, karena waktu itu tiang yang terbuat dari besi sudah habis digunakan oleh penjajah Jepang.

Kakek Arsilan bercerita, pada tanggal 17 Agustus 1945 tokoh tokoh perjuangan kemerdekaan RI mendatangi kediaman Bung Karno, termasuk para pemimpin laskar yag akhirnya membuat rakyat ikut berkumpul di depan kediaman Bung Karno.

Kakek Arsilan menyaksikan langsung pembacaan naskah proklamasi setelah pengibaran bendera sang saka merah putih. Setelah pembacaan naskah proklamasi yang menegaskan kemerdekaan Indonesia sebagai sebuah negara, seluruh warga dan rakyat yang hadir berteriak.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>