Trump Resmi Serukan Perang Dagang Amerika Serikat Dengan Cina


    SURATKABAR.ID Presiden AS Donald Trump mengumumkan penerapan tarif impor terhadap barang-barang dari China. Keputusan ini dipandang bakal meningkatkan ketegangan perdagangan di antara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut.

    Seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (23/3/2018), Trump menginstruksikan kepada perwakilan perdagangan AS, Robert Lighthizer, untuk menerapkan tarif terhadap barang-barang impor dari China senilai kira-kira 50 miliar dollar AS. Ini ditandai dengan ditekennya memo eksekutif di Gedung Putih.

    AS mungkin juga akan mengajukan pengaduan ke Organisasi Perdagangan Dunia, kata seorang pejabat kementerian perdagangan.

    Robert Lighthizer, mengatakan kepada anggota Kongres bahwa AS sedang berusaha memberlakukan “tekanan maksimum kepada Cina dan tekanan minimum pada konsumen AS.”, ujarnya, Rabu (21/3/2018), dikutip dari BBC.com.

    Baca Juga: JK Nyatakan Siap Balas Generang Perang yang Ditabuh Trump

    Robert menambahkan, perlindungan kekayaan intelektual sangat penting bagi ekonomi AS.

    “Ini masalah yang sangat penting. Kami pikir mungkin itu hal yang paling penting yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan perdagangan ” tambahnya.

    Perwakilan perdagangan AS pun mengajukan daftar produk yang akan dikenakan tarif lebih tinggi. Pengumuman kebijakan tersebut membuat saham-saham AS berguguran, yang paling parah adalah pabrikan pesawat AS Boeing Co.

    Indeks Dow Jones Industrial Average anjlok 724 poin atau hampir 3 persen. Ini adalah pelemahan terparah indeks tersebut dalam enam pekan. Adapun saham Boeing menukik lebih dari 5 persen.

    Pemerintah AS pun mengumumkan bakal menerapkan tarif 25 persen bagi produk-produk China untuk mengompensasi gangguan yang telah disebabkan kebijakan China terhadap perekonomian AS, menurut pernyataan perwakilan perdagangan AS.

    Daftar produk yang diajukan antara lain produk kedirgantaraan, teknologi informasi dan komunikasi, serta mesin. Dalam beberapa hari, perwakilan perdagangan AS akan mengumumkan daftar barang-barang berikutnya.

    Jika 2 Tokoh ini yang kembali jadi capres. Siapakah capres yang bakal Anda pilih di Pilpres 2019 mendatang?

    Posted by SuratKabar.ID on Tuesday, 20 March 2018