Smartphone Android Hilang, 5 Cara Tak Terduga Ini Bisa Menemukannya Kembali


Foto: Kompas

SURATKABAR.ID – Google mengenalkan fitur Device Manager pada tahun 2013 lalu. Fungsinya melacak lokasi perangkat ketika perangkat Android terselip atau hilang. Google lalu merilis aplikasi “Find My Device” yang serupa tapi namanya baru.

Fitur pelacak perangkat ini sebenarnya sudah terpasang pada perangkat bersistem Android KitKat ke atas. Alangkah baiknya lebih dulu menyetting pelacakan smartphone Android sebelum terjadi kehilangan.

Pastikanlah menggunakan mode akurasi tinggi dalam mengaktifkan GPS perangkat. Kalau untuk mengatur pelacakan smartphone, pilih menu pengaturan (setting) – Google – keamanan (security). Pilih opsi Find My Device (temukan perangkat saya) dan aktifkan.

Nanti akan muncul pilihan cara untuk menemukan perangkat Android, bisa dari situs Android, penelusuran Google serta via aplikasi “Find My Device” (temukan perangkat saya). Dilansir dari Kompas.com, berikut cara-cara melacak ponsel Android yang hilang atau terselip melalui aplikasi Find My Device.

  1. Menampilkan lokasi terakhir
Foto: Kompas

Kalau ponsel hilang dan tak tersambung ke internet, dan tak bisa menampilkan lokasi sekarang, Find My Device akan membantu melacak lokasi terakhir serta riwayat lokasi Google Maps.

Baca juga: Mengerikan! Bukan Hanya Mandul, Ini Efek Buruk Kantongi Smartphone di Saku Celana

Caranya dengan membuka laman Google di ponsel atau desktop, ketik “find my device” atau “temukan perangkat saya” pada tab. Lalu Anda akan diminta login ke akun Gmail yang sinkron dengan perangkat Android.

Foto: Kompas

Aplikasi Find My Device juga bisa diakses langsung dari Google Maps. Anda bisa mulai dengan mengklik “maps timeline”. Penelusuran bisa dilakukan sesuai tanggal, bulan dan tahun perangkat.

  1. Menampilkan titik koneksi Wi-Fi terakhir
Foto: Kompas

Aplikasi Find My Device juga menampilkan lokasi terakhir perangkat terhubung dengan Wi-Fi. Tujuannya agar pengguna dapat menentukan lokasi di mana perangkatnya hilang.

  1. Menampilkan informasi daya baterai
Foto: Kompas

Walau ponsel hilang atau terselip, aplikasi ini bisa membantu pengguna mengetahui sisa daya baterai pada perangkatnya. Jadi, pemilik perangkat dapat memperkirakan berapa lama waktu untuk menemukan baterai.

  1. Menderingkan ponsel dari jarak jauh, mengunci layar, hingga menghapus data
Foto: Kompas

Fitur dering (Play Sound) bisa dimanfaatkan untuk membunyikan ponsel. Meski dalam mode senyap, nada dering ponsel tetap akan berbunyi dengan volume maksimal hingga lima menit. Saat ponsel ditemukan, untuk mematikan dering cukup menekan tombol power.

Anda juga bisa mengunci (lock) layar agar tidak digunakan sembarang orang. Isikan password yang sekaligus menampilkan pesan khusus pada layar perangkat untuk menguncinya.

Ada pilihan opsional menambahkan nomor ponsel untuk dihubungi kala seseorang menyelamatkan perangkat Anda. Bisa juga Anda hapus semua data pada perangkat, pilih opsi hapus (erase) sehingga ponsel akan di-reset dari jarak jauh.

  1. Menggunakan Wearable Device berbasis Android
Foto: Kompas

Anda bisa pula memakai smartwatch untuk melacak smartphone Android yang hilang. Asalkan fitur lokasi di kedua perangkat aktif. Bisa Anda ucapkan “Hey Google. Find My Device” ke Google Asisstant.

Bisa pula Anda pilih opsi “Find my phone” pada menu awal di Android Wear yang sekarang menjadi Wear OS. Smartphone Android setelah terlacak bakal berdering dengan volume paling kencang walau modenya senyap.

Yang perlu diingat, cara-cara di atas cuma bisa digunakan saat perangkat Android menyala, tak dimatikan atau baterainya habis. Perangkat juga harus terkoneksi internet, baik itu tersambung Wi-Fi maupun paket data seluler serta mengaktifkan GPS.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDaus Mini Menikah Lagi, Ini Curhatan Mantan Istrinya di Instagram
Berita berikutnyaKetik “BFF” di Komentar Facebook, Pastikan Keamanan Akun?