Ngeri, Hiu Putih Raksasa 3 Meter Dimangsa Makhluk Misterius! Apa Itu?


Foto: Kompas

SURATKABAR.ID – Seekor hiu putih raksasa dengan nama Latin Carcharodon carcharias dimakan oleh makhluk misterius di perairan Australia. Terungkapnya dugaan tersebut berdasarkan proyek tagging para ilmuwan Australia yang bertujuan mengamati pergerakan hiu putih raksasa.

Sekitar 11 tahun lalu, seekor hiu putih raksasa dipasangi penanda oleh ilmuwan. Hiu ini sendiri dipanggil “shark alpha.” Dengan penanda itu, gerakan “shark alpha” bisa diketahui, mulai dari lokasi, kedalam, suhu tubuh dan lingkungan serta parameter yang lain.

Namun secara tidak terduga, empat bulan kemudian penanda itu terdampar di pantai sekitar 3,2 kilometer dari lokasi hiu ketika dilakukan tagging. Saat data rekaman penanda itu diunduh oleh para ilmuwan, ada penemuan mengejutkan.

Menurut informasi, penanda sempat tenggelam sampai di kedalaman 580 meter dari permukaan laut. Selain itu, terbaca selama delapan hari terjadi peningkatan suhu dari 8 hingga 25,5 derajat celsius, sampai penanda naik ke permukaan lagi dan terdampar.

Insiden hiu menjadi mangsa ini diselidiki oleh pembuat film dokumenter David Riggs. Peristiwa tersebut dimuat dalam dokumenter Hunt for the Super Predator sebuah acara yang ditayangkan online di Smithsonian Channel.

“Pertanyaan yang terlintas tidak hanya di pikiran saya, tetapi juga setiap orang yang terlibat misi adalah siapa yang melakukan itu? Hiu putih itu pasti dimakan. Apa yang akan memakan hiu sebesar itu? Apa yang bisa membunuh hiu sepanjang 3 meter?” kata Riggs, seperti dilansir dari Kompas.com.

Penyelidikan dilakukan sekaligus sambil membuat dokumenter, demikian diberitakan IFLScience.com, Minggu (10/5/2015). Menurut pembeberan Riggs, selama penyelidikan terungkap tiga kemungkinan tentang makhluk yang memangsa hiu raksasa itu. Yakni, paus pembunuh, cumi-cumi raksasa, atau hiu putih kanibal.

Namun, makhluk misterius yang sanggup membunuh hiu putih raksasa itu masih belum diketahui identitasnya. Tayangan dokumentar yang mengungkap predator pembunuh “shark alpha” tersebut dapat dilihat di website Smithsonian Channel.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPengurus NU Kendal Dibacok, Motif Pelaku Diduga Stres Karena Perceraian
Berita berikutnyaPelaku Skimming Sudah Ditangkap Polisi, Bagaimana Nasib Uang Milik Nasabah BRI?