Kurangi Kasus Pembunuhan, Aceh Akan Berlakukan Hukum Pancung


SURATKABAR.IDDinas Syariat Islam Provinsi Aceh tengah menggodok wacana penerapan hukum pancung atau qisas di ‘Serambi Mekkah’. Kabid Bina Hukum Syariat Islam dan Hak Asasi Manusia Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh, Dr Syukri M Yusuf menyatakan penerapan hukum pancung masih dalam pengkajian.

Pemprov Aceh akan melakukan penelitian terlebih dulu untuk mengetahui tanggapan dan respons masyarakat Aceh atas rencana menerapkan hukum qisas.

“Ini baru wacana. Penelitiannya dilakukan tahun ini, jadi kami lihat dulu respons masyarakat baru nanti bisa disimpulkan,” ujar Syukri saat dihubungi, Kamis (15/3/2018), dikutip dari CNNIndonesia.com.

Wacana hukum pancung akan direalisasikan jika mendapat respons positif dari masyarakat.

Syukri mengatakan, penelitian yang akan dilakukan tahun ini akan melibatkan kampus terkait penerapan hokum qisas di Aceh. Selain itu, Dinar Syariat juga akan melihat dukungan masyarakat serta kepastian masyarakat jika hukum ini diterapkan.

Belakangan ini kasus pembunuhan memang mulai marak terjadi di Aceh. Menurut Syukri, jika hukum syariat benar-benar konsisten diterapkan, maka kasus kriminalitas seperti pembunuhan akan hilang. Dia mencontohkan Arab Saudi yang menerapkan hukuman yang sangat berat dan ketat bagi pelaku yang menghilangkan nyawa orang lain.

“Kalau hukuman bagi pembunuh diterapkan sangat berat, maka orang akan menahan diri untuk membunuh. Ketika orang sudah takut membunuh nyawa orang lain maka semua nyawa manusia akan selamat begitu juga dengan orang atau pelaku itu sendiri,” jelasnya.

Syukri menilai hukuman yang dijatuhkan terhadap pelaku pembunuhan selama ini masih tergolong ringan. Sehingga setelah keluar dari penjara, pelaku bukan tidak mungkin kembali melakukan hal serupa.

Syukri mengklaim negara-negara yang menerapkan hukum pancung efektif mencegah kejahatan pembunuhan.

“Jadi hukuman ini bukan bukan malah untuk membunuh, tapi untuk menghindari, untuk mengantisipasi kejahatan pembunuhan,” tutup Syukri.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumya6 Tips Agar Uang Aman Tak Dicolong Seperti Kasus BRI
Berita berikutnyaHeboh Nasabah Adukan Rekeningnya Dibobol, BRI: Ternyata Diambil Istri