Ingat Bocah China Rambut Beku? Tak Disangka Ia Dikeluarkan dari Sekolah


SURATKABAR.ID – Masih ingat Wang Fuman? Bocah SD di China ini sempat membuat heboh publik karena foto dirinya yang beredar.

Bocah dari keluarga miskin ini terpaksa berjalan kaki ke sekolahnya dalam udara dingin sekalipun. Akibatnya, rambutnya sampai membeku, pipinya juga memerah karena kedinginan.

Baru-baru ini kabar mengejutkan datang darinya. Ternyata, Wang Fuman telah dikeluarkan dari sekolah. Pihak sekolah sengaja mengeluarkannya, tapi bukan karena masalah biaya.

Dilansir liputan6.com dari Newsweek.com, Sabtu (10/3/2018) lalu, kepala sekolah memutuskan untuk mengeluarkan Wang setelah kisahnya viral. Sebab, sejak saat itu ia selalu menjadi sorotan media.

Selain itu, lembaga pendidikan tersebut juga terus menerus mendapat inspeksi dari pemerintah China. Tak tahan dengan semua itu, Kepala Sekolah pun memanggil orang tua Wang dan mengatakan bahwa bocah itu adalah anak yang baik. Tapi, pihak sekolah tak sanggup lagi dengan pemberitaan media.

“Awalnya saya tak tahu persis apa yang akan terjadi di kemudian hari. Tapi, makin lama sekolah kami dijadikan sebagai target inspeksi dan proyek percontohan peretasan kemiskinan oleh Kementerian Pendidikan,” ujar kepala sekolah.

Karena kisah Wang, setiap hari media silih berganti mendatangi sekolah tersebut. Banyak pula lembaga pemerintah yang datang untuk memeriksa sekolah tersebut.

Meski telah dikeluarkan dari sekolah lamanya, kini Wang telah bersekolah di tempat lain. Ia kini menjadi siswa di Xinhua School yang terletak di kota Yunnan, China. Di sekolah barunya, Wang bisa tinggal di asrama sehingga tak perlu lagi menempuh perjalanan jauh dengan berjalan kaki ke sekolah.

Meski merasa kecewa karena sangat menyukai sekolah lamanya, Wang mengaku nyaman tinggal di asrama.

“Para guru di sekolah baru memang mengajar jauh lebik baik. Tidak ada yang berisik. Semua siswa fokus pada pelajaran. Di sini (asrama) aku makan lebih baik. Tidak seperti di rumah. Di asrama saya bisa menemukan makanan dengan berbagai jenis,” ujarnya polos.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaEdan! TKW Berhijab Pamer Makan Daging Babi dan Bilang Begini
Berita berikutnyaPemerintah Akan Matikan Layanan Internet Saat Nyepi