Waspada! Ini Bahaya Mencuci Daging dan Ayam Mentah


    Foto: Liputan6

    SURATKABAR.ID – Sebelum kita memasak daging, biasanya kita terbiasa merendam ayam mentah atau daging beku tersebut lebih dulu dengan menggunakan air. Tujuannya adalah untuk mencairkan lapisan esnya supaya mudah memotong daging itu.

    Kemudian supaya bersih kita pun mencuci daging mentah tersebut dengan air. Namun, ternyata kebiasaan itu sebenarnya keliru sekali bahkan buruk dampaknya untuk kesehatan.

    Memang belum banyak orang memahami hal yang terkesan sepele ini. Padahal nyatanya kebiasaan mencuci ayam dan daging mentah ini bisa menimbulkan penyakit.

    Penyakit itu pun bakal datang apabila kebiasaan mencuci yang buruk tadi terus kita lakukan. Menurut studi terbaru bakteri jahat yang ada di dalamnya dapat menyebar, hingga ke peralatan dapur serta alat-alat makan dan pakaian.

    Hal tersebut juga dibenarkan oleh Jennifer Quinlan dari Departemen Pertanian AS, bahwa mencuci unggas mentah dapat membahayakan sebab bisa membuat bakteri semakin menyebar di dapur, demikian dilansir dari Liputan6.com.

    “Mencuci unggas tidak akan menyingkirkan bakteri di dalamnya, justru ada kemungkinan bahwa bakteri akan tersebar atau disebut juga aerosolisasi (red. Aerosolisasi terjadi ketika virus ada di udara, hal ini membuat virus mudah terhirup manusia),” kata Quinlan dalam sebuah video dari laman Foxnews.

    Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengolah ayam serta daging mentah agar baik untuk kesehatan?

    Terkandung banyak protein di dalam daging, serta kaya vitamin mulai dari vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B6. Semuanya baik sekali manfaatnya untuk tubuh. Pastinya kita tak mau kehilangan nutrisi baik tersebut begitu saja, bukan?

    Jadi, marilah berhenti melakukan kebiasaan mencuci ayam atau daging mentah dengan air. Dan, kita bisa melakukan 3 langkah sederhana berikut ini sebagai gantinya:

    1. Anda bisa mencuci tangan dengan menggunakan air hangat dan sabun baik ketika akan dan sesudah menyentuh daging maupun ayam mentah serta peralatan masak. Saat akan mengeringkan tangan serta memutar tutup keran, pakailah handuk bersih.
    2. Gunakanlah peralatan berbeda secara terpisah buat mengolah daging mentah dan untuk sayur serta buah. Tujuannya agar bakteri tak tersebar pada makanan yang lain.
    3. Waktu untuk merebus daging atau ayam cukup sepuluh menit saja. Lalu, buanglah air rebusannya kemudian rebus kembali dengan menggunakan air yang baru.