Ilmuwan dan Fisikawan Stephen Hawking Meninggal Dunia

SURATKABAR.ID – Ilmuwan dan Fisikawan terkenal Stephen Hawking telah meninggal dunia di usia 76 tahun di kediamannya di Cambridge, Inggris. Berdasarkan pernyataan yang diumumkan oleh keluarganya, pria yang diberi julukan bintang paling terang di cakrawala sains karena bukunya yang berjudul A Brief History of Time tersebut menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu dini hari.

Mengutip laporan The Guardian, Rabu (14/03/2018), anak-anak Hawking—Lucy, Robert dan Tim mengatakan dalam pernyataannya: “Kami sangat sedih karena ayah tercinta kami telah meninggal dunia hari ini. Dia adalah ilmuwan hebat dan pria luar biasa yang pekerjaan dan warisannya akan dijalaninya selama bertahun-tahun. Keberanian dan ketekunannya dengan kecemerlangan dan humornya mengilhami orang-orang di seluruh dunia.”

Rilisan tersebut juga mengungkapkan, “Dia (Hawking) pernah berkata: ‘Tidak akan banyak alam semesta jika tidak ada tempat bagi orang-orang yang Anda cintai.’ Kami akan merindukannya selamanya.”

Fisikawan ternama asal Inggris tersebut selama ini dikenal karena wawasannya membentuk kosmologi modern dan mengilhami khalayak global dalam jutaan orang. Bahkan, kisah hidupnya pun sempat difilmkan pada tahun 2014 dengan judul The Theory of Everything.

Fisikawan Paling Brilian Setelah Einstein

Ayah Hawking yang seorang dokter tropical medicine ingin anaknya mengikuti jejaknya. Laman Detik.com menyebutkan, tropical medicine khusus menangani gangguan kesehatan yang terjadi secara unik, tersebar luas dan lebih sulit dikendalikan di kawasan tropis dan subtropis. Namun Hawking muda ingin menjadi pakar matematika. Akhirnya ia pun belajar ilmu pengetahuan alam.

Tahun 1963 merupakan tahun yang berat baginya. Saat itu, Hawking terkena penyakit motor neuron (MND) di usianya yang baru menginjak tahun ke-21. Segera saja ia dinyatakan hanya memiliki harapan hidup selama 2 tahun. Namun takdir berkata lain, penyakit itu berkembang lebih lambat dari biasanya di tubuh Hawking. Alhasil bak keajaiban, ia bertahan lebih dari setengah abad.

Berkat kegigihan dan cinta serta kesetiaan istrinya saat itu, Jane Wilde, Hawking selamat berpuluh-puluh tahun setelahnya. Bahkan mungkin lebih lama bila dibandingkan dengan pasien lain yang mengidap penyakit yang sama. Hawking diketahui menggunakan kursi roda untuk beraktivitas dan sistem komputer yang mutakhir untuk berbicara saat ia menjadi publik figur.

Saat itu ia tetap melanjutkan kuliah di Cambridge, menikahi Jane dan bahkan akhirnya menjadi salah satu fisikawan paling brilian di dunia sejak Albert Einstein.

Sesama ilmuwan dan orang-orang terkasihnya mengenal sosok Hawking sebagai pribadi yang intuitif disertai selera humor sarkas yang menandakan tingkat intelejensinya yang tinggi. Terlepas dari semua itu, penyakitnya yang ganas melumpuhkannya namun tak menjadi penghalang baginya untuk tetap berkarya telah membuktikan betapa kekuatan pikiran manusia sesungguhnya tiada batas.

Hawking sendiri lahir pada 8 Januari 1942, tepat di hari peringatan 300 tahun kematian Galileo Galilei, di Oxford, Inggris, dari seorang ayah bernama Frank yang merupakan dokter tropical medicine dan fisikawan serta Isobel yang berprofesi sebagai sekretaris medis. Hawking mendeskripsikan rumahnya sebagai tempat intelektual tingkat tinggi, demikian dilansir dari laporan Tribunnews.com.

Mereka yang hidup dalam bayang-bayang kematian seringkali adalah mereka yang hidup paling banyak. Bagi Hawking, diagnosis dini penyakitnya, dan menyaksikan kematian dari leukemia seorang anak laki-laki yang dia kenal di rumah sakit, memicu rasa baru.

“Meskipun ada awan menggantung di masa depan saya, saya menemukan, yang mengejutkan saya, bahwa saya menikmati hidup di masa sekarang lebih dari sebelumnya. Saya mulai membuat kemajuan dengan penelitian saya,” katanya.

Ia lantas memulai karirnya dengan sungguh-sungguh, dia menyatakan: “Tujuan saya sederhana. Ini adalah pemahaman menyeluruh tentang alam semesta, mengapa seperti apa adanya dan mengapa hal itu ada sama sekali. “

Dia mulai menggunakan kruk di tahun 1960an, tapi lama-lama ia harus bertahan dengan menggunakan kursi roda.

Selama hidupnya, Hawking pernah meraih puluhan gelar kehormatan dan medali kehormatan Commander of the Order of the British Empire atau CBE dari Ratu Inggris.

Penemuan Radikal Hawking

Terobosan besar pertama Hawking terjadi pada tahun 1970, ketika dia dan Roger Penrose menerapkan matematika black hole ke alam semesta dan menunjukkan bahwa singularitas, wilayah lengkungan tak terbatas di ruangwaktu, terletak di masa lalu kita yang jauh: titik dari mana terjadi ledakan besar.

Penrose menemukan bahwa dia bisa berbicara dengan Hawking bahkan saat pidato terakhir gagal. Hawking, katanya, memiliki tekad mutlak untuk tidak membiarkan apapun menghalangi jalannya. “Dia pikir dia tidak punya waktu lama untuk hidup, dan dia benar-benar ingin mendapatkan sebanyak yang dia bisa lakukan pada saat itu.”

Pada tahun 1974 Hawking menggambar teori kuantum untuk menyatakan bahwa lubang hitam (black hole) harus mengeluarkan panas dan akhirnya keluar dari keberadaan. Untuk lubang hitam berukuran normal, prosesnya sangat lambat, tapi lubang hitam mini akan melepaskan panas pada tingkat yang spektakuler, yang akhirnya meledak dengan energi satu juta bom hidrogen satu megaton.

Usulannya bahwa lubang hitam memancarkan panas mengaduk salah satu debat paling bersemangat dalam kosmologi modern. Hawking berpendapat bahwa jika lubang hitam bisa menguap, semua informasi yang jatuh di dalam selama hidupnya akan hilang selamanya. Ini bertentangan dengan salah satu hukum mekanika kuantum yang paling dasar, dan banyak fisikawan tidak setuju.

Hawking datang untuk mempercayai penjelasan yang lebih umum, jika tidak kurang membingungkan, bahwa informasi disimpan di cakrawala peristiwa lubang hitam, dan dikodekan kembali ke dalam radiasi saat lubang hitam itu memancar.

Radiasi Hawking

Di tahun 1974 tersebut, Hawking ia membuat teori yang sangat signifikan yang dikenal hingga kini, yakni lubang hitam bisa memancarkan partikel subatomik, yang sekarang disebut sebagai Radiasi Hawking. Ia juga menjelaskan bahwa tak akan ada yang lepas dari gravitasi black hole.

Dengan adanya Radiasi Hawking tersebut juga menandakan bahwa black holes bisa menghilang dan mati, sesuatu yang selama ini belum pernah terpikirkan oleh para ilmuwan lainnya.

Penemuan radikal Hawking ini menyebabkan ia dipilih pada 1974 ke Royal Society pada usia muda 32. Lima tahun kemudian, dia menjadi profesor matematika Lucasian di Cambridge, yang bisa dikatakan sebagai kursi paling terhormat di Inggris, dan yang sebelumnya dipegang oleh Isaac Newton, Charles Babbage dan Paul Dirac, yang terakhir dari founding fathers of quantum mechanics.

Kontribusi Hawking berlanjut sampai tahun 1980an. Teori inflasi kosmik berpendapat bahwa alam semesta yang masih muda mengalami masa ekspansi yang luar biasa. Pada tahun 1982, Hawking termasuk orang pertama yang menunjukkan bagaimana fluktuasi kuantum—variasi kecil dalam distribusi materi—dapat menimbulkan inflasi melalui penyebaran galaksi di alam semesta. Dalam riak-riak kecil ini terbentang benih bintang, planet dan kehidupan seperti yang kita kenal.

Hal ini kemudian menjadi buku A Brief History of Time (Sejarah Singkat Waktu) yang membuat Hawking meroket menjadi bintang. Diterbitkan untuk pertama kalinya pada tahun 1988, judul tersebut masuk ke dalam Guinness Book of Records, selain tetap berada dalam daftar terlaris Sunday Times selama 237 minggu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini terjual 10 juta kopi dan diterjemahkan ke dalam 40 bahasa yang berbeda. Meskipun demikian, wag menyebutnya buku terbesar yang belum dibaca dalam sejarah.

Percintaan Hawking

Hawking menikahi kekasihnya semasa kuliah, Jane Wilde, pada tahun 1965, dua tahun setelah didiagnosis. Mereka pertama kali bertemu pada tahun 1962. Seorang teman memperingatkannya bahwa jika dia berpasangan dengan Hawking, ia hanya akan menikahi “keluarga yang sinting dan gila”. Namun dengan semua kepolosan seorang gadis berusia 21 tahun, Jane percaya bahwa Stephen akan menyayanginya. Belakangan, hal itu dituangkan Jane dalam bukunya tahun 2013, Traveling to Infinity: My Life With Stephen.

Pada tahun 1985, saat melakukan perjalanan ke Cern, Hawking dibawa ke rumah sakit akibat infeksi. Dia sangat sakit sehingga dokter bertanya kepada Jane apakah mereka harus menarik bantuan alat medis yang membuatnya tetap hidup. Jane yang dikenal lembut namun teguh itu tentu saja menolak. Hawking pun diterbangkan kembali ke Rumah Sakit Addenbrooke di Cambridge untuk mendapatkan tracheostomy yang berhasil menyelamatkan nyawanya.

Operasi menyelamatkan nyawanya tapi menghancurkan suaranya. Pasangan itu memiliki tiga anak, namun pernikahan tersebut gagal pada tahun 1991. Kondisi Hawking yang progresif, tuntutannya pada Jane, dan penolakannya untuk mendiskusikan penyakitnya, adalah kekuatan destruktif yang sedikit demi sedikit akhirnya membuat hubungan itu tak bisa bertahan selamanya.

Seperti yang dituliskan oleh Jane tentang mantan suaminya, yakni sebagai “anak yang memiliki ego yang besar dan rapuh,” dan bagaimana kehidupan rumah tangga mereka beralih menjadi permainan peran “tuan” dan “budak”, alih-alih suami dan istri.

Empat tahun kemudian, Hawking menikahi Elaine Mason, salah satu perawat yang dipekerjakan untuk memberinya perawatan sepanjang waktu. Pernikahan tersebut berlangsung selama 11 tahun, ketika polisi Cambridgeshire juga menyelidiki serangkaian dugaan penyerangan terhadap Hawking. Fisikawan tersebut membantah bahwa Elaine terlibat, dan menolak untuk bekerja sama dengan polisi, yang belakangan membatalkan penyelidikan tersebut.

Hawking bukanlah ahli fisika terhebat pada masanya, tapi dalam kosmologi dia adalah sosok yang menjulang tinggi. Tidak ada proxy yang sempurna untuk nilai ilmiah, namun Hawking memenangkan Albert Einstein Award, the Wolf Prize, the Copley Medal, dan the Fundamental Physics Prize.

Rest in Peace, Stephen Hawking.