Komedian Mengaku Tak Punya ‘Bapak’ Sebelum Era Anies-Sandi

SURATKABAR.IDPerwakilan dari Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI) menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Selasa (13/3/2018). Tujuan kedatangan mereka adalah untuk menyatakan dukungannya pada program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Selaku Pembina PASKI, Eko Patrio mengaku siap mensosialisasikan program-program Pemprov DKI Jakarta, seperti salah satunya OK OCE dan kebijakan lainnya yang ditujukan untuk masyarakat.

“Jujur saja, periode-periode sebelumnya, teman-teman komedian ini tidak mempunyai bapak. Dan sekarang kami alhamdulillah dirangkul oleh Pak Sandi dan juga Pak Anies, Pemprov DKI menjadi satu kesatuan yang utuh untuk menjadi mitra di Pemprov DKI Jakarta,” kata Eko di Balai Kota, dikutip dari Kompas, Selasa (13/3/2018).

Tak hanya Eko saja, Ketua PASKI Derry Sudarsiman menyatakan hal yang sama. Ia mengatakan selama ini para pelawak tak dapat perhatian dari pemerintah.

“Terus terang, dari dulu tidak pernah yang namanya komedi, seniman komedi ada perhatian dari pemerintah sepenuhnya,” ungkap Derry.

Sementara itu, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa dunia komedi bisa mendorong perekonomian rakyat. Ia menyebut PASKI bergabung dengan OK OCE untuk menciptakan lapangan kerja. Sandiaga juga mengaharapkan komedi mampu menghibur warga Jakarta.

“Karena life is too short. Kalau kita stres terus, tidak ada susupan dari komedi maupun humor. Padahal hidup itu harusnya diisi juga dengan senda gurau. Kita akan terlalu depresi. Seperti kita ketahui, Jakarta banyak yang mengalami depresi,” kata Sandiaga.

Sandi menjelaskan bentuk kerjasama yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah menggelar pagelaran lenong Betawi. Pagelaran dengan judul ‘Pitung Menjadi 2 ‘ itu, Sandi akan ikut bermain. Gelaran lenong salah satu mata acara ‘Jakarta Comedy Expo’ yang merupakan program kerja dari PASKI yang diketuai Jarwo Kwat.

“Nah ini, hari ini ada programnya Pak Jarwo bersama Pak Rudi Sipit akan menggelar lenong ‘Si Pitung Menjadi 2’ dan saya mendapat kehormatan diundang untuk menjadi mystery guest. Bintang figuran,” katanya.

Jakarta Comedy Expo akan digelar 9 April hingga 10 April 2018 di Taman Ismail Marzuki. Berbagai lomba mengocok perut seperti lomba lawak dan stand up comedy akan digelar pada hari pertama. Jakarta Comedy Expo akan ditutup dengan gelaran lenong Betawi dengan jugul ‘Pitung Menjadi 2’.