8 Senjata Paling Mematikan yang Pernah Diciptakan Manusia, Nomor 5 Pernah Memicu ‘Kiamat’


SURATKABAR.ID – Karena haus kekuasaan dan ingin menang berperang, faktanya berbagai jenis senjata paling mengerikan telah diciptakan di sepanjang sejarah kehidupan umat manusia. Ironisnya, salah satu tujuan dari penciptaan senjata-senjata paling mematikan ini tak lain adalah untuk pertahanan militer—yang mau tak mau termasuk saling menghabisi nyawa musuh dalam peperangan. Bahkan, ada satu jenis senjata yang pernah ‘memicu’ kiamat di muka bumi.

Melibatkan kekreatifan dan kecerdasan manusia, senjata ini berubah menjadi alat pembunuh yang menakutkan. Semakin efektif untuk membunuh, maka senjata tertentu akan dianggap semakin bagus. Dilansir dari list25.com melalui Tribunnews.com, Sabtu (10/03/2018), berikut 8 senjata paling merusak di dunia:

  1. Rudal Agni

Rudal balistik antar benua milik India ini dinamai salah satu dari elemen alam, agni (api). Di tahun 2007, Rudal Agni mempunyai 4 ragam yang masing-masing mampu menempuh jarak antar benua yang berbeda-beda. Bentuknya dapat dilihat pada gambar di atas.

 

  1. Senapan mesin

Dikembangkan oleh militer Inggris pada 1883, ini adalah senapan mesin pertama di dunia.

  1. Tsar Cannon

Tsar Cannon menjadi meriam panjang besar dengan panjang hampir mencapai 6 meter.  Meriam ini dibuat di Moskow, namun demikian Tsar Cannon ini tidak pernah digunakan dalam perang.

Menurut Guinness Book of Records, meriam itu merupakan bombardir dengan kaliber terbesar di dunia yang kini menjadi daya tarik kota Moskow.

  1. FOAB

FOAB yang merupakan singkatan dari “Father of All Bombs” adalah bom buatan Rusia. Bom ini dikatakan dapat membuat segala benda yang terkena ledakannya akan menguap hilang tanpa bekas.

Pada malam hari tanggal 11 September 2007 silam, FOAB berhasil diuji coba di lapangan. Senjata baru ini menggantikan beberapa jenis bom nuklir yang lebih kecil di gudang senjata Rusia.

  1. RPG71

Diadopsi oleh Angkatan Darat Soviet pada tahun 1989, RPG adalah sistem roket anti tank yang diluncurkan dari bahu.

Saat diluncurkan, RPG71 ini akan mengeluarkan roket dengan ledakan dahsyat.

  1. Senjata Biologis

Senjata biologis disebarkan melalui virus yang sangat menakutkan. Salah satunya yang paing terkenal adalah virus Chimera.

Di akhir tahun 1980-an, pemerintah Uni Soviet mengembangkan project Chimera yang berusaha mengkombinasikan antara smallpox dan ebola menjadi satu virus super.

  1. Nimitz Aircraft Carrier

Merupakan properti milik Angkatan Laut AS, kapal induk ini ialah bagian paling maju dari teknologi militer di dunia saat ini.

Nimitz Aircraft Carrier yang adalah kapal induk bertenaga nuklir ini dapat berjalan tanpa pengisian bahan bakar selama 23 tahun.

Sedangkan nama Nimitz sendiri diambil dari nama laksamana armada terakhir Angkatan Laut Amerika Serikat.

  1. B41

B41 atau yang juga dikenal sebagai Mk41 adalah senjata termonuklir Amerika Serikat yang mulai dikembangkan di tahun 1955.

Senjata termonuklir adalah sebuah senjata nuklir yang memanfaatkan energi dari reaksi fisi nuklir utama untuk memadatkan dan membakar reaksi fusi nuklir kedua. Hasilnya adalah sebuah ledakan yang lebih dahsyat dibandingkan dengan ledakan yang dihasilkan oleh senjata-senjata fisi satu tahap. Senjata termonuklir ini biasa disebut bom hidrogen atau disingkat bom H (H-bomb dalam bahasa Inggris) karena senjata tersebut menggunakan reaksi fusi pada isotop hidrogen. Tahapan fisi diperlukan untuk memicu reaksi fusi pada senjata terkait.

Bom ini dikatakan merupakan bom nuklir paling kuat yang pernah dikembangkan oleh AS dan bisa digunakan untuk membuat ledakan sebesar yang diinginkan.

5 Senjata Mematikan Lainnya

Sementara itu, menurut versi laporan Okezone.com, Kamis (13/07/2017), sedikitnya terdapat 5 jenis senjata yang disinyalir paling mematikan di dunia, yang berbeda dengan versi di atas. Apa saja? Berikut rinciannya.

1. Rudal Pembunuh China

China memiliki senjata paling mematikan di dunia yang disebut dengan ‘Rudal Pembunuh’. Senjata ini mampu menargetkan dan menghancurkan pesawat Amerika Serikat (AS).

2. Gas VX

Senjata mematikan yang satu ini berupa bahan kimia. Gas VX menjadi salah satu senjata paling mematikan karena bisa membunuh manusia beberapa menit setelah menghirupnya saja.

3. Nuklir

Senjata nuklir memang dikenal umum sebagai salah satu senjata paling mematikan. Kekuatan bom nuklir yang ada saat ini memiliki daya ledak 70 mega ton TNT.

4. Desert Eagle Pistol

Pistol ini dinilai sebagai senjata paling berbahaya di dunia. Selain itu, jika berbicara soal bentuknya, desain Desert Eagle Pistol ini cukup unik dengan laras segitiganya yang moncong dan besar.

5. DU (Depleted Uranium)

DU (Depleted Uranium) ini merupakan sebuah peluru yang diciptakan dari limbah uranium. Peluru ini sendiri mampu untuk menembus hingga ke baja yang sangat tebal. Sebagai efek samping lainnya, peluru ini juga bisa memicu kanker dan cacat lahir karena diciptakan dari limbah beracun uranium.