Berani Beda, Sebuah Universitas Tegas Tolak Calon Mahasiswa yang Oplas. Alasannya Nyeleneh!


SURATKABAR.ID – Operasi plastik alias oplas, bukan lagi hal asing yang kita jumpai belakangan ini. Terbukti dengan menjamurnya klinik kecantikan yang menawarkan operasi kecantikan untuk mengubah bagian tubuh yang dianggap tidak atau kurang menarik dengan harga terjangkau.

Namun untuk mereka yang sudah pernah melakukan operasi plastik dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas, sebaiknya jangan pernah melamar ke Shandong University of Art, Tiongkok. Pasalnya mereka memiliki peraturan tegas dan terbilang nyeleneh untuk para calon mahasiswa.

Dilansir Grid.ID, Senin (5/3/2018) dari artikel yang diterbitkan oleh Shanghaiist.com, berbeda dengan peraturan yang ada di kampus-kampus lain, di universitas satu ini barang siapa yang sudah oplas, bisa dipastikan tidak akan diterima sebagai mahasiswa.

Hal tersebut disampaikan dengan tegas oleh Dekan Sekolah Film dan Televisi Shandong University of Art Dong Liang. Jika seseorang melakukan perubahan pada dirinya dengan operasi plastik, hal tersebut tentu akan mempengaruhi ekspresi halus pada wajah, dan itu adalah hal terlarang di dunia hiburan.

“Aktor dan presenter akan menarik perhatian jutaan orang. Operasi plastik seperti mengikatkan karung pasir ke wajah Anda, mau tidak mau ini mempengaruhi ekspresi wajah Anda yang halus,” terang Dong Liang, dikutip dari laman Grid.ID, Senin (5/3/2018).

Tindakan tersebut dianggap sebagai aksi ‘perlawanan’ yang ditujukan kepada para aktor dan aktris terkenal, tetapi belum melakukan prosedur operasi plastik. Dan bukan hanya itu saja, pihak kampus juga melarang keras para mahasiswa untuk mengaplikasikan riasan berlebihan, meski untuk menutupi cacat.

“Mereka harus mengandalkan keindahan alam (bakat alami) mereka untuk menonjol dan fokus pada pengembangan ketrampilan profesional mereka. Kami tidak akan menerima riasan berat, termasuk operasi plastik, bahkan untuk menutupi bekas luka sekalipun,” tambah Liang lebih lanjut.

Namun bukan minim peminat, kenyataannya calon mahasiswa yang mendaftar ke Shandong University of Art justru membludak. Terbukti dengan 9.000 berkas lamaran yang masuk, padahal mereka hanya menerima 210 mahasiswa saja. “Kualitas dan kemampuan profesional lah, yang penting,” demikian bunyi aturan yang paling penting di kampus ini.