Cara Ampuh Atasi Kulit Belang dengan 11 Bahan Alami


SURATKABAR.ID – Kulit yang sehat dan indah tentu menjadi dambaan setiap orang. Pasalnya, keindahan kulit sedikit banyaknya berpengaruh pada kepercayaan diri seseorang. Terutama apabila warna kulit yang dimiliki tidak cerah atau kusam. Jika sudah begitu, kita pun jadi tak nyaman dalam berpenampilan. Namun tak perlu khawatir. Untuk Anda yang khususnya kaum wanita, ada beberapa cara mudah dari bahan-bahan alami yang bisa membuat kulit belang akibat paparan sinar matahari kembali cerah.

Seperti dikutip dari laporan JPNN.com, Minggu (04/03/2018), kulit belang pada tangan dan kaki dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Anda tak perlu datang lagi ke salon kecantikan atau perawatan untuk menggunakan bahan kimia. Karena seperti diketahui, penggunaan bahan kimiat terkadang justru malah menimbulkan efek samping. Bahkan hal ini juga bisa berisiko iritasi pada kulit.

Kulit belang dapat disebabkan oleh terpaparnya sebagian kulit oleh intensitas sinar ultraviolet lebih tinggi, sehingga ada bagian kulit yang lebih gelap dibandingkan bagian yang lain. Dalam istilah medis, kulit belang disebut dengan hiperpigmentasi, demikian melansir GeoSehat.com.

Pertumbuhan melanin yang sangat cepat akibat paparan sinar UV membuat kulit menjadi gelap. Melanin adalah zat yang menjaga warna kulit dan rambut tetap cerah. Terkadang orang kurang memperhatikan kulit belang yang tak tampak dari luar, namun ada baiknya untuk menghilangkan kulit belang dengan cara-cara berikut yang sangat mudah dilakukan bahkan di rumah sendiri. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Pepaya

Oleskan jus pepaya di area kulit yang gelap minimal dua kali seminggu.

2. Kentang

Gosokkan irisan kentang di daerah kulit yang menghitam. Lakukan dua hari sekali secara teratur.

3. Madu dan Susu

Aduk rata madu murni bersama susu sampai mengental. Balurkan ramuan di muka, diamkan setengah jam sebelum dibilas dengan air hangat.

4. Timun

Campur 1 buah timun yang sudah dilumatkan bersama 1 butir telur ayam. Usapkan ramuan di muka setidaknya dua kali seminggu.

5. Minum Banyak Air Putih

Kendati prosesnya tidak cepat, meminum banyak air dapat menjaga kelembaban kulit sehingga warnanya pun lama kelamaan menjadi seragam. Air dapat membersihkan kulit dari dalam dan luar sehingga mencerahkan warnanya. Minumlah air putih yang banyak dan tinggalkan minuman bersoda maupun minuman dengan gula berlebih. Minumlah sekitar 8-10 gelas air per hari, atau lebih jika memungkinkan.

Anda juga bisa menambahkan perasan lemon atau buah untuk membuat infused water, sebuah tren yang selain menyehatkan, juga membantu untuk menyeragamkan warna kulit.

6. Sunscreen Setiap Hari

Apalagi di negeri tropis yang selalu disinari matahari, kulit tentu membutuhkan perlindungan khusus setiap keluar rumah. Kulit belang memang terutama disebabkan oleh sinar matahari, oleh sebab itu gunakan tabir surya (sunscreen) untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Pemakaian sunscreen setiap berkegiatan di luar rumah bisa mencegah kulit yang warnanya tak merata semakin bertambah parah belangnya. Gunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi. Semakin tinggi kadar SPF, semakin lama pula kulit Anda akan terlindungi. Selebihnya, gunakan sunscreen SPF rendah secara berkala untuk menjaga keseragaman warna kulit.

7. Baking Soda

Siapa sangka, baking soda selain untuk membuat kue ternyata bermanfaat bagi kecantikan, terutama untuk kulit. Untuk bagian kulit yang berwarna lebih gelap, Anda dapat menggunakan larutan pasta baking soda.

Pasta  baking soda nantinya akan secara halus mengelupas sel-sel kulit mati sehingga kulit tak hanya jadi lebih halus, warna kulit pun akan jadi lebih cerah. Pasta ini tak hanya berguna untuk Anda yang berkulit belang karena paparan sinar matahari, tapi juga ampuh bagi kulit belang akibat luka.

Larutkan satu sendok teh baking soda dan beberapa tetes air. Aduk hingga membentuk pasta dan oleskan pasta tersebut ke kulit belang selama 2-3 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

8. Masker Yoghurt

Gunakan yoghurt berjenis plain untuk menghilangkan kulit belang. Yoghurt mengandung zat pemutih alami yang sangat aman digunakan bagi kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari. Yoghurt juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.

Campurkan satu sendok makan yoghurt dengan satu sendok teh air. Aduk rata dan oleskan di wajah serta bagian kulit yang belang. Diamkan selama 20-30 menit atau hingga kering. Bilas dengan air hangat dan nantikan warna kulit baru Anda yang seragam.

9. Scrub Gula Pasir

Gula pasir di rumah bisa diolah menjadi scrub yang dapat mengangkat kulit mati sehingga membuatnya lebih lembut dengan warna merata.

Caranya juga sangat mudah, Anda hanya membutuhkan sekitar seperempat gelas gula pasir, campurkan dengan sedikit pelembab/ minyak zaitun/ minyak kelapa (tergantung preferensi Anda).

Gosokkan scrub ke kulit secara perlahan sambil dipijat-pijat. Bilas dengan air hangat. Scrub gula ini sangat ampuh untuk meratakan warna di bagian tubuh yang berwarna gelap seperti lutut dan siku.

10. Kayu Cendana

Tak hanya harum wanginya, kayu cendana ternyata juga mampu menyamarkan warna kulit belang. Apalagi memang kayu cendana ini sudah terbukti sebagai herbal yang sangat ampuh di India untuk kulit yang indah.

Para calon pengantin wanita di India kerap menggunakan kayu cendana untuk memastikan kulit sang mempelai bersinar cantik di hari pernikahannya.

Larutkan satu sendok teh bubuk kayu cendana untuk dijadikan pasta dengan bahan tambahannya; bisa berupa susu, madu, air mawar, bahkan beberapa tetes air pun juga sudah cukup. Selama 30 menit, balurkan di wajah serta bagian kulit lain yang belang. Bilas dan selamat mengagumi hasil kulit yang lebih merata warnanya.

11. Tomat

Tomat juga tak kalah hebatnya utnuk mengatasi kulit belang. Selain menyeimbangkan pH pada kulit, mengecilkan pori-pori, merawat kulit yang terbakar matahari dan mengurangi iritasi, tomat juga dapat mengobati jerawat. Ini dikarenakan tomat sangat kaya akan antioksidan berupa vitamin A, C, dan likopen yang memerangi radikal bebas pada kulit.

Caranya, belah tomat jadi dua bagian. Langsung gosokkan ke bagian kulit yang belang. Diamkan selama 15 menit sebelum dibasuh dengan air dingin. Dua kali saja dalam sehari, warna kulit Anda akan merata.