Unik! Bertubuh Istimewa, Inilah 7 Wanita yang Masuk Guinness World Records


SURATKABAR.IDGuinness World Records (Rekor Dunia Guinness), atau dikenal sebagai The Guinness Book of Records merupakan buku rujukan yang diterbitkan setiap tahun. Diterbitkan di Amerika Serikat sebagai The Guinness Book of World Records, buku ini berisi kumpulan rekor dunia yang berkaitan dengan prestasi manusia serta catatan “ter-” dan “paling” yang ada di dunia dan mendapat pengakuan secara internasional. Buku ini diterbitkan perusahaan bir hitam Guinness dan memegang rekor dunia sebagai seri buku berhak cipta yang paling laku di dunia.

Tak heran jika sejak dulu sudah banyak orang yang melakukan berbagai aksi untuk mencatatkan diri dan nama mereka di Guinness World Records. Aksinya pun bemacam-macam, mulai dari yang paling unik, ekstrem hingga yang melakukan perawatan pada salah satu anggota tubuh guna mendapat kondisi tertentu yang berbeda dari manusia pada umumnya. Seperti memanjangkan kuku, rambut atau justru perombakan tubuh seperti penggunaan tato atau bahkan membelah lidah.

Namun, mengutip laporan IDNTimes.com, Sabtu (03/03/2018), hal berbeda terjadi pada tujuh wanita ini. Tanpa perlu gila-gilaan beraksi, tubuh alami mereka yang istimewa justru menarik perhatian publik. Hal ini terjadi karena kondisi tubuh mereka benar-benar berbeda dari para wanita pada umumnya. Berkat kondisi inilah mereka berhasil mencatatkan diri di Guinness World Records. Penasaran apa saja keistimewaannya? Yuk simak keunikan mereka.

1. Harnaam Kaur, wanita muda yang dipenuhi jenggot

Pria memelihara jenggotnya? Sudah terlalu mainstream. Bagaimana jadinya jika janggut justru tumbuh lebat di wajah seorang wanita? Inilah yang terjadi pada Harnaam Kaur. Wanita kelahiran Inggris, 29 November 1990 ini berhasil mencatatkan rekor berkat wajahnya yang dipenuhi jenggot layaknya seorang pria.

Rekor ini dia dapatkan pada tanggal 7 September 2015. Berkat jenggotnya ini, ia kini menjadi aktivis anti-bullying.

2. Kim Goodman, bola mata paling melotot

Bagaimana reaksimu  jika dipelototi oleh seseorang? Merasa takut atau malah kesal? Bagi kamu yang penakut bisa jadi akan bertambah ngeri jika melihat bola mata Kim Goodman yang terlihat nyaris keluar saat melotot ini.

Kim Goodman dapat membuat tonjolan bola matanya keluar sepanjang 12 mm. Berkat keunikannya itu dia memperoleh record Farthest eyeball pop pada tanggal 2 November 2007.

3. Ekaterina Lisina, model profesional tertinggi dan kaki terpanjang (kategori wanita)

Untuk ukuran model professional, Ekaterina mempunyai tinggi tubuh di atas rata-rata. Kakinya saja memiliki panjang 132,8 cm (52,2 inci) untuk kaki kiri dan 132,2 cm (52,0 in) untuk panjang kaki kanan. Pengukuran kaki dilakukan di Penza, Russia pada 13 Juni 2017. Sedangkan saat dilakukan pengukuran di Labinsk, Rusia pada 20 Juli 2017, wanita ini memiliki tinggi 205,16 cm (6 kaki 8,77 inci).

4. Jyoti Kisanji Amge, perempuan terpendek

Sebaliknya dari Ekaterina, Jyoti Amge yang lahir di India, 16 Desember 1993 ternyata memiliki tinggi di bawah rata-rata ukuran wanita normal lainnya. Pada ulang tahunnya yang ke-18, Jyoti berhasil memecahkan rekor Shortest woman—living (mobile) yang sebelumnya dipegang oleh Bridgette Jordan.

Saat pengukuran di Wockhardt Superspeciality Hospital, Nagpur, India tinggi Jyoti hanya 62,8 cm (24,7 inci). Ini rekor terbaru yang dimilikinya setelah sebelumnya Jyoti Kisanji Amge meraih rekor shortest teenager (female) living.

5. Chanel Tapper, lidah terpanjang (kategori wanita)

Dengan lidahnya yang unik Chanel mampu mengulurkan lidah hingga 9,75 cm (3,8 inci) dari ujung ke ujung bibir. Pengukuran ini dilakukan di California, AS pada tanggal 29 September 2010. Panjang lidahnya ini dua kali panjang jidah rata-rata manusia.

Pertama kali Chanel Tapper menyadari keunikannya saat sedang melakukan pemotretan Halloween bersama ibunya pada saat Chanel berusia 8 tahun.

6. Supatra Sasuphan, remaja dengan rambut terbanyak

Dengan rambut-rambut halus yang dia miliki di sekitar wajah, Supatra Sasuphan berhasil mencetak rekor Hairiest teenager pada tanggal 4 Maret 2010. Pencatatan ini dilakukan di lokasi Lo Show dei Record di Roma, Italia. Beruntung, dengan keunikan alami yang dimilikinya ini, Supatra tetap percaya diri.

Ia mengaku merasa tetap percaya diri berkat teman-teman sekolah yang memperlakukan Supatra seperti orang pada umumnya.

7. You Jianxia, bulu mata terpanjang

Jika kamu pernah berpikir untuk memakai serum atau tanam bulu mata guna mendapatkan bulu mata yang lebih panjang, maka kamu mungkin akan kaget dengan panjang bulu mata alami wanita ini. Pada tanggal 28 Juni, 2016, You Jianxia tercatat memiliki bulu terpanjang berukuran 12,40 cm (4,88 inci). Panjang bulu matanya ini diukur di Changzhou, Jiangsu, China.