Diusulkan Jadi Cawapres Jokowi, Prabowo: Apa pun Keputusan Saya…


SURATKABAR.ID – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya buka suara terkait wacana yang semakin gencar didengungkan agar ia maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Dilansir dari laman Kompas.com, wacana agar Presiden Jokowi dan Prabowo berduet dalam pemilihan tahun depan sudah riuh terdengar sekaj beberapa waktu belakangan. Menanggapi hal tersebut, politisi Partai Gerindra ini menegaskan ia hanya akan mendengarkan apa yang dikatakan kader partainya.

“Saya sebetulnya, kan, mandataris partai saya. Saya akan mendengarkan suara partai, suara rakyat, suara sahabat-sahabat, suara mitra,” tutur Prabowo yang ditemui di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran, Jakarta Selatan pada Kamis (1/3), dikutip dari Kompas.com, Kamis (1/3/2018).

Prabowo juga mengatakan bahwa Partai Gerindra akan meletakkan kepentingan nasional di posisi pertama. Dan terkait keputusan akan mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2019, pria berpangkat letnan jenderal TNI tersebut mengungkapkan belum memutuskan apa pun.

Ia menegaskan bahwa di dalam mengambil keputusan, dirinya perlu terlebih dahulu berdiskusi dengan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra dan juga partai politik lain yang berkoalisi dengan partainya. “Kami akan mengutamakan kepentingan nasional. Itu yang saya bisa janji kepada kalian,” katanya.

“Apa pun keputusan, saya selalu mengutamakan kepentingan nasional dan rakyat, yang terbaik untuk rakyat. Itu yang kami akan lakukan,” tambah Prabowo lebih lanjut.

Usulan agar Prabowo maju mendampingi Jokowi sebagai cawapres juga disuarakan oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). Menurutnya, Prabowo adalah sosok paling berkompetensi untuk berduet dengan Jokowi. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya konflik di Pilpres 2019.

“Pelajaran yang kita petik kemarin (polemic) antara Jokowi dan Prabowo itu kan, cukup lama, dua tahun, paling tidak kita melakukan recovery setelah Pilpres,” jelas politikus Partai Golkar tersebut saat ditemui di Kompleks DPR Senayan, Jakarta Pusat, Senin (26/2), dikutip dari Tirto.id, Kamis (1/3/2018).

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menegaskan bahwa seluruh kader Gerindra sudah dalam satu suara yang bulat untuk memberikan dukungan kepada Ketua Umum Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres) dalam pemilihan mendatang.

Berbeda dengan Bamsoet, Fadli Zon yang menolak wacana agar Prabowo maju sebagai calon wakil presiden Jokowi ini justru mengungkapkan, bahwa dengan mencalonkan Prabowo sebagai calon presiden maka rakyat akan memiliki pilihan.