Siapakah Heru Winarko? Jenderal yang Ditunjuk Jokowi Gantikan Buwas Sebagai Kepala BNN


    Foto: Liputan6

    SURATKABAR.ID – Pelantikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang baru, Irjen Heru Winarko, dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo bertempat di Istana, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (1/3/2018).

    Jokowi melantik sang jenderal bintang dua untuk menggantikan Komjen Budi Waseso alias Buwas. Buwas sendiri terhitung sejak hari ini telah pensiun dari jabatannya di Polri.

    Karier Heru Winarko di kepolisian sendiri cukup gemilang jika melihat dari jam terbangnya. Menurut rekam jejak pria kelahiran Jakarta, 1 Desember 1962 ini, dia adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985.

    Heru sebelum diangkat menjadi Kepala BNN, merupakan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhitung sejak Oktober 2015. Selain itu, dia pernah pula menjadi staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menko Polhukam pada tahun 2015.

    Di Polri, karier Heru mulai nampak mencuat ketika dirinya menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat. Kemudian pada tahun 2009 Heru dimutasi untuk menjadi Penyidik Utama Tingkat II Dittipid Eksus Bareskrim Polri.

    Masih di tahun yang sama yakni 2009, pria 55 tahun ini dimutasi untuk memegang jabatan Wakil Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri. Tak lama berselang setelahnya, Heru lalu diamanahi jabatan sebagai Wadir Tipid Korupsi Bareskrim Polri.

    Heru, pada tahun 2010, bertugas sebagai Asdep 4/V Kamnas di Kemenko Polhukam hingga tahun 2012. Setelah itu, masih di tahun 2012, dirinya ditunjuk sebagai Kapolda Lampung. Heru akhirnya kembali ke Kemenko Polhukam pada tahun 2015, kemudian melanjutkan tugas di KPK.

    Sementara, di bidang reserse serta kepolisian, pengalaman Heru sebagai pimpinan jelaslah menjadi poin yang dipertimbangkan secara pribadi oleh Jokowi. Hingga akhirnya, Jokowi memutuskan untuk menyerahkan mandat jabatan sebagai kepala di BNN kepadanya.