Demi Biaya Berobat Adik, Seorang Bocah Tak Sarapan Selama 2 Tahun. Kisahnya Bikin Pilu


Foto: Tempo

SURATKABAR.ID – Karena adiknya yang terkena kanker, seorang anak laki-laki yang masih berusia delapan tahun rela melakukan hal yang memilukan. Bocah asal Cina tersebut rela berhemat dengan tidak sarapan selama dua tahun untuk biaya berobat sang adik yang menderita kanker hati.

Berdasarkan laporan dari media Cina, Li Guoliang, dari daerah Le’an, provinsi Jiangxi telah berhasil melaksanakan pengumpulan dana hingga mencapai 1.353 yuan atau sekitar Rp 2,9 juta. Dana tersebut untuk biaya perawatan adik sang bocah yang usianya masih lima tahun.

“Ini sudah cukup untuk mengobati adikku,” ujar Li Guoliang sambil menunjukkan uang koin yang merupakan hasil tabungannya sendiri kepada sang ayah.

Sebenarnya, bahkan jumlah tabungan Guoliang tersebut tidak mencukupi untuk menutupi biaya pengobatan barang sehari. Tetapi, sangat patut apresiasi diberikan kepada bocah cilik ini karena sudah membuktikan rasa sayang yang besar terhadap saudaranya.

Sejak tahun 2016, adiknya sendiri sudah menjalani operasi sebanyak tiga kali serta mengikuti 24 kemoterapi dengan keseluruhan biaya hampir mencapai satu juta yuan.

Tempat tinggal orang tua Guoliang berada di dekat rumah sakit yang merupakan tempat saudaranya dirawat di Beijing. Sedangkan dirinya tinggal di desa bersama dengan pamannya. Tetapi, karena uang yang dikumpulkan Guoliang berbentuk koin, makanya tidak bisa untuk dikirim ke Beijing.

“Saya ingin mengirim uang ini ke orang tua di Beijing melalui pos, tapi tukang pos tidak mengizinkannya,” ujar Guoliang, seperti dilansir South China Morning Post pada tanggal 26 Februari 2018.

Kehidupan keluarga Guoliang cukup sulit karena kedua orang tuanya memiliki penghasilan rendah. Dan di samping biaya pengobatan sang anak yang menderita kanker hati, mereka pun harus membayar biaya operasi kaki kakek Guoliang serta sang nenek yang menderita katarak. Mereka sekeluraga pun memiliki setumpuk tanggungan utang.