Viral Video Pria Gendong Komodo, Komentar Ahli Sangat Mengejutkan


SURATKABAR.ID – Akun Instagram 9GAG baru saja mengunggah cideo yang membuat geger netizen. Seorang pria menggendong seekor komodo.

Dilihat dari akun Instagram 9GAG, Senin (26/2/2018) seorang pria yang memiliki akun Instagram @therealtarzann sedang menggendong hewan asli Indonesia tersebut. Bahkan, sang komodo juga menggerayangi dan mengeluarkan lidah.

Thought they said those Komodo aren deadly” tulis caption @9gag.

Sontak hal ini membuat pengguna internet langsung riuh menanggapi video yang sebenarnya diambil dari pemilik akun @therealtarzann. Video ini sudah ditonton lebih dari 4 juta kali dan mendapat lebih dari 12.000 komentar.

Apa sebenarnya hewan yang digendong oleh pemilik akun @therealtarzann tersebut? apakah benar komodo?

Sebenarnya, bila diperhatikan secara seksama, pria dalam video tersebut tidak menyebutkan bahwa hewan yang digendongnya adalah komodo. Dia menyebutnya dengan Salvator Black Dragon dari Indonesia, salah satu dari tiga reptile terbesar di dunia.

Pria tersebut juga menjelaskan bahwa reptile terbesar di dunia adalah komodo, kedua adalah buaya modern, dan ketiga adalah biawak air Asia yang digendongnya tersebut.

Meski begitu, video dari @9gag tetap membuat sensasi dikarenakan caption yang ditulisnya. Sesaat setelah video itu menjadi perbincangan publik, akun resmi Instagram miliki Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan tanggapannya terkait video tersebut.

“Itu bukan komodo tapi black dragon atau biawak air Asia,” tulis komentas @kementerianlhk.

Dalam insta story-nya, akum tersebut juga menyebut bahwa ukuran biawak air asia (Varanus salvator) dan komodo sangat mirip.

“Ciri khas komodo bisa dilihat dari lidah yang berwarna merah muda/pink,” tulis akun tersebut sebagai keterangan tambahan.

Amir Hamidy, seorang herpetology atau ahli reptile dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), juga membenarkan keterangan dari akun milik Kementerian tersebut.

“Untuk seukuran segitu dan montok mah sudah biasa yang dipiara, biawak air itu ataupun Varanus salvator juga bisa menjadi ukuran segitu dan montok,” ujar Amir saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/2/2018).

Menurut Amir, biawak tersebut juga diperkirakan mengalami obesitas alias kegemukan karena ukurannya sangat besar.

Saat ditanya perbedaan yang mencolok antara komodo dan biawak air Asia Amir menjawab “untuk komodo, warnanya terlalu hitam banget”.