Terungkap Fakta Kenapa Mobil Mendadak Mati Sebelum Kereta Melintas

SURATKABAR.IDKasus kecelakaan mobil tertabrak kereta api cukup meresahkan. Salah satu penyebabnya adalah mesin mobil yang tiba-tiba mati sebelum kereta melintas. Hal ini menuai banyak pendapat di kalangan masyarakat. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih percaya takhayul akan menganggap bahwa hal tersebut dikarenakan perlintasan kereta yang angker.

Beragam mitos pun berkembang di kalangan masyarakat. Sehingga para pengendara mobil seringkali was-was ketika melintas di salah satu perlintasan kereta. Muncullah solusi untuk melepaskan diri dari rel kereta api. Untuk bisa menjalankan kembali mobil yang mati, pengendara harus menekan klakson sekecang mungkin. Faktanya, hal tersebut hanya mitos menurut para ilmuwan.

“Tidak ada pengaruhnya ya soal itu dan yang katanya jika menekan klakson mobil bisa jalan kembali. Itu hanya mitos,” kata peneliti teknologi kelistrikan Universitas Indonesia, Chairul Hudaya, dikutip dari Tempo.co, Jumat (23/2/2018).

Ada penjelasan teknis mengenai hal tersbeut. Di lokomotif ada boggie (roda kereta) dengan komponen utamanya adalah dinamo, di dalam dinamo ada unsur magnet yang cukup besar. Jika lokomotif berseri CC ada 3 rangkaian boggie (6 dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yang terbuat dari baja untuk dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1km dari posisi lokomotif.

Saat melintasi rel biasanya kendaraan bermotor menggunakan kecepatan rendah. Saat itu juga pengendara juga harus memindahkan mesin ke gigi yang lebih rendah untuk membuat putaran mesin dinamo kendaraan dan koil tidak mati tiba-tiba.

Itulah mengapa petugas Jalan Pintu Perlintasan selalu menutup plang sebelum lokomotif mendekati perlintasan dengan jarak kurang lebih 3 km. Bila pengemudi tetap menerobos dalam jarak kurang dari 1 km, maka mesin dinamo dan koil yang sudah lemah akan mati.

Solusi untuk itu bukan memencet klakson dengan kencang, melainkan keluar dari mobil sesegera mungkin. “Kalau masalah gaya magnet atau elektrik tidak signifikan membuat mobil berhenti atau mogok di tengah perlintasan,” ujar Chairul.