Rizal Djibran Diciduk, Polisi Ungkap 3 Jenis Narkoba yang Sering Dipakai para Artis


    SURATKABAR.ID – Rizal Djibran menambah daftar maraknya public figure terjerat kasus narkoba. Rizal ditangkap di kawasan Bekasi dengan barang bukti sabu seberat 0.66 gram.

    Rizal sendiri ditangkap pada tanggal 21 Februari 2018 dikediamannya di kawasan Grand Wisata Bekasi Blok AD no.1, Bekasi, Jawa Barat.

    Seperti diwartakan tribunnews.com, sebelum ditangkap, artis peran tersebut sempat menjadi aktivis yang ikut mengampanyekan pemberantasan narkoba. Dirinya juga sempat berorasi saat Hari Anti Narkoba Indonesia (HANI) beberapa tahun lalu.

    Setidaknya terdapat lima artis yang tertangkap sejak Januari-Februari 2018 ini. Banyaknya jumlah artis dan figur publik yang tertangkap dalam kurun waktu satu ttahun ini, tentu menimbulkan keresahan di masyarakat dan kalanga artis. Hal ini karena penyalahgunaan narkoba oleh artis tentu akan mencoreng citra pelaku dunia seni.

    Beberapa asalan yang terkadang membuat artis terjerat narkoba bisa disebabkan oleh faktor internal atau eksternal.

    Persaingan dalam ranah hiburan memang sangat ketat. Berbagai artis pendatang baru bermunculan dengan talenta yang mereka miliki. Hal inilah yang terkadang menjadi asalan artis menggunakan narkoba. Karena sepi job atau kurang tawaran untuk bermain film membuat artis merasa frustasi dan stress. Untuk mengobati kekecewaan atau sebagai tempat pelarian, mereka menggunakan obat terlarang.

    Alasan klasik lain yang sering digunakan artis untuk mengonsumsi narkoba ialah untuk meningkatkan stamina. Ditengah padatnya rutinitas pekerjaan yang dilakoninya, dan untuk menghindari keletihan tersebutlah mereka mengkonsumsi narkoba.

    Kepala Satuan Narkoba Polres jakarta Selatan, Kompol Vivick Tjangkung, mengungkapkan tiga jenis narkoba dan obat-obatan terlarang yang menjadi “favorit” para artis.

    “Dumolid, sabu, dan ganja,” ujar Vivick usai deklarasi anti narkoba bersama artis, manager dan produser di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2018).

    Menurut Vivick, tiga jenis narkoba itu digunakan untuk memperkuat stamina artis yang biasanya memiliki kegiatan segudang.