Waspada! Ternyata Ada Bahaya Mengintai dari Kopi Sachet

SURATKABAR.IDMinum kopi sudah menjadi rutinitas bagi sebagian orang, khususnya para pekerja kantoran. Namun, tidak semua orang bisa kuat menyeduh kopi hitam dengan cita rasa yang kuat. Mereka pun menjatuhkan pilihan pada kopi instan atau kopi sachet. Sayangnya, teralalu banyak mengonsumsi kopi sachet justru membahayakan bagi tubuh.

“Kopi sachet itu banyak beredar di pasaran dan mengandung satu sendok makan gula pasir. Jadi, kalau minum dua-tiga kali sehari, bisa dibayangkan berapa banyak konsumsi gulanya,” jelas Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospital, Mulyani Anny Suryani Gultom, SsPD, seperti yang dikutip dari Kompas.com, Kamis (22/2/2018).

Dokter Mulyani menjelaskan hal tersebut dalam konferensi pers di Wyl’s Kitchen, Jakarta Selatan. Pernyataan tersebut juga didukung dari data World Health Organization (WHO), kalau tubuh kita hanya boleh mengonsumsi gula sekitar dua sendok makan dalam sehari.

Jika ditelaah lagi, dalam sehari kita tidak hanya mengonsumsi gula yang terkandung dalam kopi sachet.

Dengan demikian, Mulyani menyarankan agar masyarakat menyeduh kopi sachet tidak lebih dari dua bungkus dalam sehari. Kalau bisa juga mengurangi makanan-makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

“Jadi harus kita batasi. Kecuali kita menggunakan pemanis buatan yang rendah kalori,” katanya, seperti yang dilansir dari TribunJateng.com, Jumat (23/2/2018).

Bahaya yang disebabkan oleh konsumsi kopi sachet berlebihan cukup mengancam kesehatan. Mulai dari memperbesar risiko terserang diabetes, risiko penyakit jantung, hipertensi, meningkatkan kolesterol jahat, menyebabkan insomnia, sampai membuat detak jantung tidak beraturan. Efek tersebut bisa dialami oleh siapapun.

Tidak hanya mengonsumsi kopi sachet. Melainkan juga mengonsumsi makanan atau minuman lain yang mengandung kadar gula tinggi bisa memicu bahaya bagi kesehatan tubuh.