Deretan Mas Kawin Unik yang Pernah Dipakai di Pernikahan, Nomer 4 Super Aneh

SURATKABAR.IDSebuah pernikahan bukan hanya penghulu, wali, saksi, dan mempelai saja. Namun syarat wajib pernikahan adalah mas kawin.

Tanpa mas kawin tentu pernikahan tidak akan sah. Begitu menurut aturan agama Islam. Mas kawin sendiri memiliki makna sebagai sebuah penghargaan kepada mempelai perempuan.

Di Indonesia, pada umumnya mempelai laki-laki memberikan mas kawain berupa seperangkat alat sholat, uang, ataupun perhiasan. Namun, di antara sekian banyak pernikahan yang terjadi di Indonesia, rupanya ada beberapa pernikahan yang menggunakan mas kawain sangat unik. Mulai dari sepatu gunung sampai dengan segelas air putih.

Berikut 5 mas kawin paling unik yang pernah digunakan untuk sebuah pernikahan.

Sepatu gunung

Di Mataram, seorang pengantin pria nekat memberikan mas kawin pada calon istrinya berupa sepatu gunung. Pernikahan tersebut berlangsung di sebuah masjid. Dari video yang beredar di Instagram @insidelombok, pada Sabtu (17/2/2018), pengantin pria degan lantang mengucapkan ijab kabul.

“Saya terima nikahnya tri dengan mas kawin berupa uang Rp 100.000 dan sepasang sepatu gunung dibayar tunai.”

Buku filsafat

Mas kawin unik selanjutnya datang dari tokoh penting Indonesia. Salah satu proklamator kita, Mohammad Hatta, ternyata memberikan mas kawin berupa buku filsafat untuk istrinya, Rahmi. Tiga bulan setelah Indonesia merdeka, Bung Hatta memutuskan untuk menikahi Rahmi. Saat itu, Bung Hatta memilih buku berjudul Alam Pikiran Yunani sebagai mas kawinnya.

Buku filsafat dipilih karena memang Bung Hatta sangat mencintai buku dan pengetahuan. Buku dari hasil kerja dan pemikirannya sendiri membuktikan cintanya lebih besar daripada harta lainnya.

Saham

Sepasang pengantin asal Bantul menggunakan mas kawin berupa saham. Mas kawin tersebut diberikan oleh Idunk Ace Pradana pada istrinya di pernikahan Oktober 2017 lalu. Saham dengan kode SIDO yang merupakan nama dagang perusahaan jamu terbesar di Indonesia. Jumlahnya tak main-main, yaitu Rp 27,75 juta.

Bitcoin

Pada 11 November 2017 kemarin, pernikahan Fajar Widi dan istrinya juga cukup menghebohkan. Pasalnya, Fajar yang merupakan seorang pengguna bitcoin memberikan mas kawin pada istrinya berupa bitcoin.

“Sebenarnya memang ingin jadi (pengantin) yang pertama menjadikan Bitcoin sebagai mahar. Kalo dipikir-pikir, iya juga, kenapa enggak? Kayaknya belum pernah ada yang begini,” pungkasnya seperti yang dikutip dari Kumparan.com, Selasa (20/2/2018).

Nilai Bitcoin yang dijadikan mahar tersebut tak sedikit. Satu koinnya per tanggal 11 November, dibanderol dengan harga Rp 90 juta.

Segelas air putih

Mahar yang terakhir ini sangat jauh dari kesan mewah. Namun sangat unik dan tak terpikirkan oleh pasangan manapun. Apa jadinya jika Anda diberi mas kawin hanya segelas air putih? Untuk pasangan asal Aceh Singkil, mas kawin tidak boleh terpakai suami. Jadi, segelas air putih sudah cukup karena kalau diminum tak ada lagi dan tak berbekas.