Habib Rizieq Batal Pulang ke Indonesia, Jimly Asshiddiqie: Emang Dia Kayak Malaikat?


    Foto: Jawa Pos

    SURATKABAR.ID – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang batal untuk pulang ke Indonesia rupanya menjadi sorotan perhatian dari beberapa kalangan. Salah satu pihak yang memberikan perhatian khusus untuk hal ini ialah Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie.

    “Dia kan mundur maju ini, setiap minggu sekali isunya pulang. Dia juga main mundur, maju. Saya tidak tahu siapa di belakangnya,” demikian dia menyindir ketika di tengah perbincangan dengan awak media di Kantor ICMI, Menteng, Jakarta, Rabu (21/2/2018), seperti dilansir dari JawaPos.com.

    Akan tetapi, ia pun beranggapan bahwa sikap yang diambil oleh Habib Rizieq sebaiknya lebih dulu dibiarkan saja. “Sekarang biarin dulu lah dia di Saudi biar belajar juga, emang dia kayak malaikat?” kata Jimly.

    Ia melanjutkan, Habib Rizieq sekarang ini bagi sebagian dari kalangan masyarakat sedang menjadi suatu simbol. Karena pandangan itulah, Habib Rizieq pun dianggap sebagai seorang ulama.

    Disebutkan olehnya bahwa pihak Kepolisian pun perlu juga untuk memandang ia sebagai seorang ulama. “Jadi jangan membiarkan semangat saling bermusuhan,” lanjutnya mengenai pandangan tersebut.

    Di mana kasusnya kini sedang ditangani oleh Polda Metro Jaya, Jimly menilai bahwa hal tersebut harus mendapat pandangan yang luas. Sehingga, tentu saja penyelesaiannya juga harus dilakukan.

    Tetapi, dia juga memiliki pandangan terhadap penyelesaian kasus tersebut. Menurutnya, tidak semuanya kasus itu dapat dituntaskan dengan cara hukum pidana.

    “Saya percaya hukum harus ditegakkan tapi kita harus eman-eman karena kita bernegara tidak semuanya harus diselesaikan secara hukum formal,” papar Jimly.

    Dia merasa yakin bahwa kasus ini pun juga akan tuntas pada akhirnya nanti. “Saya percaya kasus Habib Rizieq suatu hari selesai cuma mungkin timing saja,” tuturnya.