TV Saudi Pakai Bahasa Indonesia, Tapi Sebenarnya Mereka Kalah Cepat

SURATKABAR.IDKabar terbaru datang dari dunia internasional. Stasiun televisi pemerintah kerajaan Arab Saudi, yaitu Saudi TV, akan menambahkan tujuh bahasa asing. Salah satunya adalah Bahasa Indonesia.

Dilansir dari Republika.co.id, hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Presiden Departemen Teknik Saudi TV, Samir Asiri, pada wartawan senior Indonesia di Riyadh, Selasa (20/2/2018).

Sebenarnya, jauh sebelum Saudi TV menggunakan Bahasa Indonesia, beberapa negara lain telah memperkenalkan Bahasa Indonesia pada masyarakatnya. Hal ini membuktikan bahwa bahasa Nasional masyarakat Indonesia ini pantas sejajar dan sama baiknya dengan bahasa asing lain. Lagipula, Bahasa Indonesia sudah sejak lama siap menghadapi era globalisasi.

Beberapa negara di dunia bahkan menggunakan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran dalam sekolah maupun perkuliahan. Sebut saja Universitas Shouthern Queensland yang membukan S1 Jurusan Bahasa Indonesia, Universitas Kajian Asing Tokyo, Hankuk University of Foreign Studies, dan  Taras Shevchenko National University of Kyiv.

Bukan hanya menjadi mata kuliah, Bahasa Indonesia bahkan menjadi bahasa resmi kedua yang dipakai di Vietnam. Bahasa Indonesia di Wikipedia juga menduduki peringkat ke-26 dunia sebagai bahasa terbesar ketiga di Asia. Fakta lainnya, Bahasa Indonesia berada di ranking ke-3 yang paling banyak digunakan dalam WordPress.

Padahal, jika melihat kondisi di negara sendiri, Bahasa Indonesia mulai terpinggirkan. Masyarakatnya sendiri lebih senang menggunakan Bahasa Inggris atau mencampuradukkan penggunaan Bahasa Indonesia dan Inggris. Sebagai informasi bahwa Bahasa Indonesia sebenarnya merupakan aset terbesar negara ini.

Hal tersebut pernah dikatakan oleh budayawan Indonesia, Goenawan Mohammad dalam acara Melbourne Writers Festival di ACMI Cinema, Federation Square, Melbourne tahun 2016 lalu. Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi bagi kaum minoritas di Indonesia. Itu juga menunjukkan bahwa kedudukan masyarakatnya setara. Bahasa Indonesia menjadi pemersatu Bangsa Indonesia yang paling nyata.

Terlebih lagi, sekarang Bahasa Indonesia telah dikenal oleh dunia, salah satunya Arab Saudi. Sejak lama negara minyak tersebut memang memiliki hubungan baik dengan Indonesia. Baik dari segi pemerintahan maupun media massa yang ada di dalamnya.

Alasan lain Saudi TV memilih Bahasa Indonesia karena Indonesia merupakan salah satu negara penganut Islam terbesar di dunia. Selain Bahasa Indonesia, ada juga bahasa Spanyol, Portugal, dan Afrika yang digunakan. Hal ini merupakan bentuk dukungan Saudi TV bagi suksesnya Visi 2030 Saudi Arabia.