Megah, Stadion Keren Papua Bangkit Bakal Rampung Akhir Tahun Ini


Foto: Kompas

SURATKABAR.ID – Papua dalam waktu dekat ini bakal segera menikmati adanya stadion baru. Fasilitas ini akan jadi keren lantaran mengadopsi dari langgam arsitektural lokal.

Stadion yang terletak di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, ini diberi nama Stadion Papua Bangkit.

Stadion yang digarap oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, ini bakal jadi venue utama untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020.

Luas stadion akan mencapai 71.697 meter persegi yang berdiri di atas lahan 13 hektar dan dengan kontrak senilai sekitar Rp 1,3 triliun.

Dengan kapasitas hingga 40.000 penonton, stadion ini pun dilengkapi pula dengan lapangan untuk latihan beserta bangunan utilitas yang lainnya.

Menurut rendering yang beredar, bisa dilihat adanya ukiran khas Papua yang berbentuk barisan segitiga tampak mendominasi pada bagian fasad bangunan.

Foto: Kompas

Di sisi kanan dan kiri stadion, ukiran itu mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan bagian pelengkung.

Sedangkan, tulisan ‘Stadion Papua Bangkit’ warna merah terlihat mendominasi di salah satu atap yang terletak pada sisi pelengkung.

Stadion ini pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2016 dengan target akan selesai pada akhir tahun ini.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaya menyebutkan bahwa dana pembangunan Stadion Papua Bangkit asalnya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Sesuai Instruksi Presiden (Inpres), yang kami tangani adalah Istora, stadion renang (akuatik), lapangan kriket, dan hoki. Sedangkan velodrome batal karena tidak jadi dipertandingkan,” ujar Endra, Sabtu (17/2/2018), dilansir dari Kompas.com.

Meski begitu, informasi untuk diketahui, Kementerian PUPR pada Oktorber 2017 lalu mendapat tambahan anggaran dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (R-APBN) 2018 dengan jumlah sebesar Rp 475 miliar.

Dari nominal tersebut, di antaranya beberapa dialokasikan buat dukunngan PON XX di Papua, yaitu untuk pembangunan arena akuatik (Rp 64,6 miliar), Istora Papua Bangkit (Rp 48 miliar), arena cricket (Rp 14,9 miliar), dan juga lapangan hockey (Rp 35 miliar).


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaMarko Simic Ungkap Kesan tentang Jokowi Usai Final Piala Presiden 2018
Berita berikutnyaPerusakan Patung di Pura Lumajang, Motif Pelaku Misterius Belum Diketahui