Wakil Ketua Umum MUI Sebut Habib Rizieq Sepatutnya Dapat Perlindungan dari Negara


SURATKABAR.ID Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi turut berkomentar mengenai berita kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Hibib Rizieq Shihab. Zainut mengingatkan jika Habib Rizieq memiliki hak seperti warga negara lain untuk mendapatkan perlindungan dan rasa aman untuk menetap di Indonesia.

“Jadi rencana Habib Rizieq untuk kembali ke Tanah Air adalah suatu hal yang sangat wajar,” kata Zainut di Jakarta, seperti dilansir Antaranews.com, Minggu (18/2/2018).

Zainut menegaskan jika Habib Rizieq semestinya dilindungi serta mempunya hak konstitusional seperti yang tertera pada UUD 1945 Pasal 28D Ayat 1 yang berbunyi, “Dalam pasal itu berbunyi, setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.”

Selain itu, pada Pasal 28G ayat 1 yang berbunyi, “setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi.”

Lebih lanjut, Zainut juga menilai jika rencana masyarakat yang ingin menyambut kedatangan Habib Rizieq di bandara juga merukapan sesuatu yang wajar.

“Adapun adanya rencana para jemaahnya akan menyambut beliau di bandara, saya kira hal tersebut tidak ada masalah,” kata dia.

Meski demikian, ia mengingatkan agar penyambutan tersebut dilakukan secara baik dan sesuai dengan aturan hukum.

“Orang Indonesia itu sangat menghargai dan menghormati para pemimpinnya, ulamanya dan orang yang dianggap menjadi tokoh idolanya. Yang terpenting dilakukan dengan cara-cara yang baik, sopan, tertib dan mematuhi aturan hukum yang ada,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono masih menyangsikan berita mengenai kepulangan Habib Rizieq yang tengah dijerat beberapa persoalan hukum tersebut.

Argo enggan untuk berspekulasi mengenai terhadap rencana penjemputan Habib Rizieq ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Kami belum ada kepastian, sampai sekarang saja belum ada kepastian,” ungkap Argo saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (18/2/2018), dikutip dari okezone.com.

Ia menyatakan jika pihak kepolisian akan selalu siap. “Pulangnya saja kami belum tahu, belum jelas. Kami polisi siap saja ya,” katanya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJika Melamar Kerja, Lakukan 2 Hal Sederhana Ini Agar Dipanggil Wawancara
Berita berikutnyaTerbongkar, Ternyata Ini Alasan Anisa Bahar Umbar Aib Putrinya Sendiri