Sumanto Sebut Dagingnya Enak, Mantan Menag Langsung Bilang Begini


SURATKABAR.ID – Masih ingat dengan Sumanto? Pria asal Desa Pelumutan, Purbalingga, Jawa Tengah ini sempat menghebohkan Indonesia karena aksinya mencuri mayat dan memakan dagingnya.

Aksi kanibal tersebut menjadi trending topic pada tahun 2003 silam. Selanjutnya, ia dijebloskan ke penjara karena aksi mengerikan tersebut.

Setelah menjalani masa hukuman, Sumanto kemudian tinggal di sebuah panti rehabilitasi. Menurut orang yang merawat Sumanto, Haji Supono, pria tersebut menjadi pribadi yang lebih baik.

“Aktivitas saya bantu-bantu pak Haji (Supono) cabut-cabut rumput, bertani, ikut pengajian, pokoknya ikut pak haji,” aku Sumanto, dilansir tribunnews.com.

Selain melakukan aktivitas sosial, Sumanto juga rajin mengikuti pengajian yang digelar panti. Bahkan, ia disebut telah mampu melafalkan ayat suci Alquran. Ia juga pernah dipercaya untuk mengumandangkan azan saat waktu salat tiba.

Selain kesehariannya, ada cerita menarik mengenai Sumanto selama tinggal di panti. Karena ulah Sumanto, seorang Menteri Agama (Menag) di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sampai terkaget-kaget.

Supono mengaku, kala itu ia menjadi fasilitator antara Sumanto dan mantan Menag yang tak disebutkan namanya itu. Sumanto sempat berbincang dengan menteri tersebut.

Namun, tiba-tiba mantan Menang ini berceletuk menanyakan soal masa lalu Sumanto, yakni aksi kanibalnya. “Pak menteri tanya, daging yang menurut Sumanto enak itu yang bagaimana,” katanya.

Mendapat pertanyaan ini, Sumanto tanpa malu langsung menjawab bahwa daging mayat yang banyak dosa akan terasa pahit dan tidak enak. Sedangkan daging yang enak menurutnya adalah daging mayat yang semasa hidupnya selalu berbuat baik dan beramal saleh.

Tak disangka, Sumanto langsung mengarahkan telunjuknya ke mantan Menag. Sumanto berpendapat, sang Menag merupakan kriteria mayat yang memiliki daging enak.

“Yang enak itu mayat orang yang baik seperti pak Menteri,” tutur Supono menirukan jawaban Sumanto.

Gara-gara jawaban ini, mantan Menag langsung terkejut. Ia juga sempat memundurkan tubuhnya menjauhi telunjuk Sumanto yang mengarah padanya diiringi sorot mata yang tajam.

“Yah, jangan saya Sumanto, saya kan Menteri Agama,” kata Supono menirukan jawaban mantan Menag itu.