Ular Cekik Leher Kucing, yang Terjadi Kemudian Bikin Si Pemilik Terperangah!


SURATKABAR.ID – Bagi pemilik hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing,  adalah hal yang umum terjadi mendapati mereka membawa pulang binatang buruannya usai berkeliaran seharian penuh. Bukan untuk dimakan, melainkan bukti bahwa mereka adalah penguasa daerah tersebut.

Baru-baru ini seorang warga Tasmania, Australia tiba-tiba dibuat terkejut bukan kepalang ketika menyadari ada sesuatu yang aneh pada leher kucing peliharaannya yang bari saja kembali dari jalan-jalan. Seekor ular melingkari leher makhluk malang tersebut, seperti dilansir dari laman Liputan6.com.

Ia lebih kaget lagi ketika mengetahui si ular masih dalam kondisi hidup. Tak ingin hal yang lebih buruk terjadi pada kucingnya, si pemilik pun langsung memanggil seorang penangkap ular, Thomas Leishman untuk segera datang ke kediamannya dan melepas lilitan ular tembaga atau coiled copperhead itu.

Dan baik Leishman dan si pemilik kucing kembali dikejutkan saat melihat apa yang terjadi setelah kedua hewan tersebut dipisahkan. Tak satupun dari dua binatang tersebut celaka. Namun meskipun demikian, sang penangkap ular mengaku ia harus membuat kucing mau bekerja sama selama proses pelepasan itu.

Leishman mengungkapkan tantangan terbesar dari melepaskan lilitan ular dari leher makhluk berbulu dalam kasus kali ini adalah membuat si kucing dari pemilik yang tinggal di kawasan Richmond, Hobart Utara ini tenang dan tidak memberontak.

Melalui unggahan di akun media sosial Facebook, Snake Catcher Victoria Australia, Leishman menggambarkan bahwa kejadian ini merupakan hal paling unik yang pernah ia alami. Pasalnya seekor kucing yang lehernya dililit ular bukanlah pemandangan yang bisa kita saksikan setiap hari.

“Bukan sesuatu yang bisa Anda saksikan setiap hari,” tuturnya, seperti yang dikutip dari laman Liputan6.com, Sabtu (10/2/2018), melansir Daily Mail. “Keduanya dipisahkan dan tidak ada yang dirugikan. Keren, ya?” tambah Leishman bangga.

Meski proses melepaskan lilitan ular dari leher kucing kali ini tidak terlalu sulit, namun ia memberi peringatan tegas kepada siapa pun untuk tidak pernah mencoba melepaskan ular dari leher hewan peliharaan seorang diri. Pilihan terbaik adalah dengan menghubungi bantuan profesional.

“Jika kucing Anda membawa pulang ular ke rumah, seperti kerap terjadi, hubungi penangkap ular setempat. Jangan mencoba untuk mengurainya sendiri,” lanjut Leishman yang mengaku ia harus menenangkan si kucing sebelum akhirnya berhasil melepas lilitan ular.

“Penting untuk mendapatkan kepercayaan dari kucing. Saat ia duduk, saya menekan bagian belakang kepala ular dan melepaskan lilitannya,” pungkas si pawang.