Wow Keren! Indonesia Punya Kampung Unik yang Mendunia, Nomor 5 Paling Luar Biasa


SURATKABAR.ID – Jika dulu kata ‘kampung’ lekat dengan gambaran sebuah tempat dengan gaya tempo dulu, kuno, tua, dan tak terjamah oleh kemajuan teknologi, maka sekarang nama tersebut sudah menjelma menjadi ‘kupu-kupu’ cantik yang bisa menarik wisatawan untuk datang.

Dilansir dari laman Brilio.net, beberapa kampung di Indonesia ini bahkan sudah menjadi destinasi wisata dengan daya tarik uniknya yang tak hanya dikenal di dalam negeri saja, melainkan sampai ke penjuru dunia. Apa saja? Simak di bawah ini:

Kampung 3 Dimensi, Malang

Berlokasi di Jalan Temenggungan Ledok RW 12, Kelurahan Kesatrian, Malang, kampung unik satu ini menawarkan berbagai mural keren yang akan terlihat nyata saat difoto. Keberadaan Kampung 3 Dimensi membuat Kota Malang tak lagi melulu dikenal sebagai destinasi kuliner apel dan bakso.

Berawal dari ide luar biasa seorang seniman jalanan, Eddi yang biasa membuat mural 3 dimensi bersama teman-temannya. Mereka kemudian menghiasi setiap tembok rumah di kampungnya dengan mural 3 dimensi dengan bantuan dari perusahaan cat tembok.

Kampung Cyber Taman Sari, Yogyakarta

Digagas oleh Antonius Sasongko pada tahun 2008, kampung ini berdiri dari keinginan memanfaatkan kecanggihan teknologi di Kampung Patehan, Kraton, Yogyakarta. Jaringan internet di setiap rumah didapatkan dari iuran seluruh warga.

Kini mereka menjadi lebih melek teknologi dan menggunakannya untuk usaha. Ditambah berbagai mural apik yang menghiasi seluruh tembok rumah di kampung ini, membuat banyak wisatawan sengaja datang untuk menikmatinya. Bahkan Mark Zuckerberg pernah mampir ke sini.

Kampung Inggris, Pare

Anda bisa menjumpai banyak sekali lembaga kursus bahasa asing di kampung unik satu ini. Terletak di Desa Pelem dan Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, para pelajar di Indonesia yang ingin belajar bahasa Inggris lebih dalam pasti akan memilih datang ke sini.

Dikenalnya Kampung Inggris ini berkat Kalend Osen, santri asal Kutai Kutanegara. Ketika itu ia datang ke Pare untuk belajar agama dari KH Ahmad Yazid yang menguasai banyak bahasa asing. Suatu ketika Kalend diminta mengajar mahasiswa yang kemudian mempromosikannya dari mulut ke mulut.

Kampung Teletubbies, Yogyakarta

Gempa dahsyat yang memporakporandakan Yogyakarta pada 27 Mei 2006 silam kala itu menghancurkan banyak perkampungan, salah satunya Dusun Ngelepen, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Bencana tersebut menyebabkan banyak warga kehilangan rumah dan menjadi tuna wisma.

Karena sebanyak 71 rumah warga nyaris tak layak huni, LSM Wango (World Association of Non-Governmental Organizations) melakukan uji pembangunan rumah berbentuk dome sebagai tempat relokasi warga Ngelepen. Memiliki bentuk unik membuat kampung ini menjadi tujuan wisata.

Kampung Wadon, Ngawi

Dari kampung unik Indonesia yang mendunia sebelumnya, yang paling unik adalah Kampung Wadon di Jati, Kabupaten Ngawi ini. Pasalnya seluruh penghuni kampung ini hanyalah kaum wanita. Namun sayang, keberadaan kampung unik ini terancam punah, di mana banyak warga yang semakin sedikit.

Karena kepercayaan turun-menurun, apabila ada pria yang menikah warga Kampung Wadon, mereka harus pergi. Jika tidak, maka mereka akan dilanda kesengsaraan. Akhirnya para pria pun pindah dari kampung ini, meninggalkan kaum wanita sendirian di sini.