Mirip Film! Kacamata Super Canggih Milik Polisi Ini Bisa untuk Tangkap Penjahat


SURATKABAR.ID – Di film-film action, peralatan super canggih menjadi hal wajib yang harus ada. Tak jarang kita membayangkan, bagaimana  jadinya jika dunia kepolisian nyata benar-benar memiliki alat-alat canggih seperti dalam film. Apakah kejahatan bisa berkurang?

Polisi Tiongkok membuktikannya. Berkat kemajuan teknologi, mereka kini menggunakan kacamata yang dilengkapi dengan kamera. Bukan kamera biasa, melainkan kamera pendeteksi wajah yang bertujuan mempermudah tugas polisi dalam melacak penjahat.

Dilansir dari laman Jawapos.com, karena terhubung ke database internal tersangka, kacamata berkamera ini pun menjadi alat canggih yang sangat dibutuhkan polisi di kehidupan nyata. Dengan kecanggihan tersebut akan sangat membantu petugas kepolisian untuk lebih cepat mencari buronan.

Hingga saat ini, kacamata hitam tersebut sukses membantu polisi Tiongkok menangkap tujuh orang tersangka. Masing-masing ditangkap dengan tuduhan telah melakukan kejahatan, mulai dari serangan hingga perdagangan manusia. Polisi juga berhasil mengidentifikasi 26 orang dengan identitas palsu.

Baca Juga: Pelaku Video Layak Sensor Bocah vs Wanita Dewasa Melahirkan di Lapas, Kondisinya Mengkhawatirkan!

Tugas kacamata berkamera tersebut adalah membantu polisi mengambil foto seseorang yang mereka anggap mencurigakan. Lantas kemudian membandingkannya dengan gambar yang sudah tersimpan di dalam database internal kepolisian.

Apabila ada kecocokan, maka informasi penting seperti nama dan juga alamat orang tersebut bakal dikirim langsung ke petugas. Cara kerja kacamata hitam berkamera ini sudah sangat mirip seperti slst-alat canggih milik agen rahasia yang kita saksikan di film detektif.

Namun meskipun dianggap sangat membantu tugas petugas kepolisian, tak sedikit yang cemas jika nantinya teknologi ini justru dimanfaatkan pemerintah. Kritikus khawatir pemimpin otoriter Tiongkok akan menggunakan kacamata hitam tersebut untuk melacak pembangkang politik atau minoritas.

Baca Juga: Pria Minta Putus Karena Cacat Usai Kecelakaan, Sang Kekasih Malah Lakukan Hal Tak Terduga

Keberadaan teknologi yang dapat mengenali wajah ini tentunya membawa Tiongkok menempati  posisi puncak. Dan dengan kemajuan yang mereka capai tersebut, menjadi pengingat warganya untuk tidak berbuat sesuka hati.

Selain itu, negara ini juga memiliki jaringan pengawasan dengan kamera terbesar di seluruh dunia. Sudah terpasang sekitar 170 juta kamera CCTV di sudut-sudut jalan. Dan rencananya mereka akan memasang 400 juta kamera pengawas lainnya dalam kurun tiga tahun ke depan.