Pengganti Mas Kawin, Seorang Istri Tuduh Suami Curi Ginjalnya


SURATKABAR.ID – Seorang istri menuduh suaminya sendiri telah mencuri ginjalnya di India. Akibatnya, suami dan saudaranya ditangkap aparat kepolisian atas tuduhan telah mencuri ginjal sang istri. Pencurian salah satu ginjal itu dikatakan merupakan pengganti mas kawin mereka. Hal ini dilakukan sang suami lantaran istrinya masih ‘menunggak’ utang mas kawin.

Melansir reportase Republika.co.id, Kamis (08/02/2018), sebuah media lokal di India melaporkan kejadian tersebut. Dikatakan bahwa sang suami yang tinggal di Bengal Barat, India, telah menjadwalkan operasi usus buntu untuk istrinya. Hal ini terjadi pada dua tahun lalu, saat sang istri merasakan sakit di perutnya.

Namun pada akhir 2017, secara mengejutkan faktanya terkuak. Diketahui, ternyata istri tersebut telah kehilangan salah satu ginjalnya. Hal ini baru terungkap setelah sang istri melalui dua pemeriksaan terpisah.

Sang istri kemudian menuduh suaminya melakukan pencurian ginjal tersebut untuk menuntut mas kawin yang belum ia bayar. Seperti diketahui, di India, pembayaran mas kawin secara tradisional memang merupakan kewajiban pihak wanita yang harus dibayarkan oleh keluarga pengantin perempuan. Namun sebenarnya praktek ini telah dilarang di India sejak 1961.

Baca juga: Berontak! Wanita Iran Ramai-ramai Buka Jilbab di Depan Umum, Ada Apa?

Sewaktu berbicara kepada media India, sang istri yang bernama Rita Sarkar menuturkan, dirinya telah menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga selama bertahun-tahun akibat masalah mas kawin itu.

“Suami saya membawa saya ke sebuah klinik di Kolkata. Disana dia dan petugasnya berkata aku akan baik-baik saja setelah operasi usus buntu itu,” beber Sarkar kepada Hindustian Times seperti dilansir di BBC, Kamis (08/02/2018).

Ia menambahkan, sang suami meminta istrinya tidak memberitahukan operasi ini kepada siapa pun. Namun beberapa bulan kemudian Sarkar merasa tak enak badan, sehingga akhirnya ia pun dibawa ke dokter oleh keluarganya.

Secara mengejutkan, hasil pemindaian menunjukkan ginjal sebelah kanannya telah hilang. Miris, hasil pemeriksaan kedua pun menunjukkan fakta yang sama.

“Saya akhirnya mengerti kenapa dia (suami) meminta saya tetap diam tentang operasi itu. Dia menjual ginjal saya karena keluarga saya tidak bisa memenuhi mas kawin yang dia inginkan,” tukas Sarkar.

Baca juga: Agar Suara Tak Diambil PKS, PAN Minta Kadernya Rajin Shalat Berjamaah

Belakangan, surat kabar The Telegraph India lalu mengutip perkataan polisi Udayshankar Ghosh, “Kami mencurigai adanya keterlibatan usaha penipuan disini. Kasus ini sudah dimasukkan berdasarkan ketentuan Kegiatan Transplantasi Organ Manusia dan Jaringan. Kami juga telah menahan tiga orang dengan tuduhan pembunuhan dan penganiayaan sang istri,” ungkapnya.