Mengejutkan! Riset Ungkap Mengapa Banyak Wanita Suka Berkencan dengan Pria Beristri


SURATKABAR.ID – Mengapa banyak wanita suka berkencan dengan pria beristri? Baru-baru ini, tim penelitian dari Inggris dan AS mencoba menjawab penyebab di balik fenomena ini. Seperti diketahui, fenomena ini kian mendapat sorotan publik. Bahkan belakangan, muncul istilah “pelakor” yang merupakan akronim dari “perebut lelaki orang”. Istilah ini kebanyakan dipakai untuk menggunjingkan wanita yang nekat mengencani pria beristri.

Melansir laporan Sains.Kompas.com, Senin (05/02/2018), secara mengejutkan para periset menemukan bahwa lelaki yang sudah memiliki perempuan atau diinginkan oleh perempuan lain secara otomatis akan terlihat lebih menarik. Dengan kata lain, daya tarik sang pria yang bersnagkutan justru malah meningkat setelah dirinya menjadi suami seseorang.

Alasan dibaliknya juga cukup sederhana: karena pria tersebut dianggap lebih tepat, baik, dan bisa menjadi ayah yang baik.

Teori Penyalinan Pasangan

Penelitian yang sudah dipublikasikan di Scientific Reports pada Senin (29/01/2018) tersebut juga menguji tentang teori penyalinan pasangan—yakni ketika seseorang lebih disukai sebagai pasangan di masa depan karena sudah lebih berpengalaman dalam berhubungan.

Baca juga: Wanita Misterius Teriak-teriak Soal Zumi Zola dan Jokowi di Depan Gedung KPK

Dengan melibatkan 49 wanita dari Universitas St. Andrews, Skotlandia, mereka diminta untuk menilai 20 foto pria yang memperlihatkan wajah dan tangan dari skala 0-100 untuk sama sekali tidak tertarik sampai sangat tertarik. Sementara itu, yang dijadikan variabel kontrolnya adalah sebuah karya seni abstrak.

Setelah menentukan pilihannya, para periset kemudian memberi tahu responden pria mana yang rata-rata dipilih oleh peserta lain. Selanjutnya, para periset kemudian meminta mereka untuk memilih ulang.

Menariknya, jawaban para peserta responden itu berubah. Dari sini, peneliti menemukan bahwa daya tarik seorang pria meningkat sampai 13 persen saat peserta tahu sebuah foto juga dipilih oleh perempuan lain. Latahkah?

“Perempuan tampaknya meniru preferensi pilihan perempuan lain, tapi ini mungkin hanya karena manusia memiliki kecenderungan umum untuk dipengaruhi oleh pendapat orang lain,” beber Catherine Cross, peneliti di bidang psikolog dan ilmu saraf dari Universitas St. Andrews pada Selasa (30/01/2018). Demikian sebagaimana dilansir dari Independent.

“Meski temuan ini mungkin membuktikan kecenderungan kita untuk mengikuti tren, temuan ini belum menggambarkan bagaimana perempuan akan bertindak. Ini hanya tentang bagaimana perempuan menilai daya tarik pria dari gambar,” ungkap Cross pada Jumat (02/02/2018), dalam Newsweek.

“Kami tidak meminta mereka untuk membuat keputusan tentang apakah mereka akan mendekati pria atau tidak. Saya tidak ingin berspekulasi bagaimana orang membuat pilihan untuk mengejar hubungan,” lanjut Cross menegaskan.

Namun, penelitian yang mengidentifikasi penyalinan pilihan pasangan seperti ini rupanya bukanlah yang pertama. Banyak hasil dari riset lain yang juga membuktikan bahwa wanita cenderung dengan mudah mengubah pilihannya pada pria setelah mendengarkan pendapat wanita lain.

Bahkan faktanya, ada sebuah penelitian dari Oklahoma State University yang menemukan bahwa 90 persen perempuan lajang tertarik pada pria yang sedang dalam hubungan serius, dan hanya 59 persen perempuan yang tetap tertarik pada pria yang sama dan masih lajang.

Pertimbangan Pendapat Orang Lain

Lantas mengapa hal ini bisa terjadi demikian adanya? Penggantian pilihan pasangan ini diduga berhubungan dengan kecenderungan psikologis untuk mempertimbangkan pendapat orang lain saat seorang wanita membuat keputusan.

Cross menerangkan, teknik penyalinan pasangan memberikan keuntungan untuk memikirkan pendapat orang lain berkenaan dengan suatu informasi sebagai panduan untuk melakukan sesuatu.

“Pilihan orang lain mungkin akan membantu kita untuk memilih tempat tinggal yang aman, tempat makan yang enak, pekerjaan yang baik, atau orang yang dapat dipercaya,” ujar Cross kemudian.

Cross juga menyebutkan, karena manusia memiliki kecenderungan untuk dipengaruhi oleh pendapat orang lain, perempuan cenderung menyalin pilihan perempuan lain dalam hal pria.

Baca juga: Waduh! Iran Tangkap 29 Wanita karena Tak Pakai Jilbab

Namun sayangnya, penelitian ini tidak menyebutkan lebih lanjut lagi apakah hal yang sama juga berlaku bagi pria. Apakah pria juga bisa dengan mudahnya menyalin pilihan pria lain dan lebih menyukai wanita yang sudah menjadi milik orang dalam hal relationship? Kita nantikan bagaimana hasil penelitian selanjutnya.