Keterlaluan! Beredar Hoax Habib Rizieq Meninggal Dunia


SURATKABAR.ID – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab belum juga kembali pulang ke Indonesia, namun berita terbaru tentang dirinya sudah lebih dulu mengegerkan masyarakat. Bagaimana tidak, tersiar kabar yang mengatakan pria berusia 52 tahun itu telah meninggal dunia.

Meski diketahui bahwa membuat dan ditambah lagi menyebarkan berita bohong dengan menyebutkan seseorang telah meninggal dunia adalah kejahatan terburuk, namun banyak pihak yang menghembuskan berita palsu tersebut lantaran tidak menyukai Habib Rizieq.

Diwartakan dari laman Jpnn.com, akun buzzer soemberwaras menjadi salah satu akun Instagram yang dikenal kerap kali menyebarkan berita hoaks. Berbekal screenshot berita asli dari salah satu situs berita mainstream, mereka mengeditnya sedemikian rupa hingga menghasilkan fitnah dengan judul menggelegar.

Sasaran akun tersebut melulu pihak-pihak yang tidak dalam koalisi pemerintah dalam waktu terakhir ini. Dan pada Kamis (1/2) malam, akun tersebut mengunggah seolah berita asli. Terdapat foto jenazah dengan wajah yang begitu mirip Rizieq. Di judul berita tertulis: “HRS Meninggal Dunia. Pengacara: Sedang Dikonfirmasi Kebenarannya”.

Baca Juga: Paling Anyar! Jokowi Punya Tiga Penantang Kuat di Pilpres 2019, Siapa Saja?

Ketika dikonfirmasi, Juru Bicara FPI Slamet Maarif langsung menampik kabar tersebut. “Seribu persen itu hoaks. Sudah kehabisan akun dia (akun soemberwaras),” tukas Slamet, seperti dikutip dari laman Jpnn.com pada Sabtu (3/2/2018).

Menurut hasil penelusuran, foto pria dengan nama lengkap Dr. Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab dalam unggahan akun Instagram tersebut merupakan foto jenazah yang telah diedit. Foto serupa dengan wajah jenazah wanita dengan senyuman terulas di bibirnya tersebar luas di manapun.

Foto tersebut kebanyakan digunakan sebagai ilustrasi kisah kematian wanita-wanita shalihah. Yang mengejutkan, di satu situs bernama Lasgidilife.blogspot.co.id, foto serupa muncul sebagai ilustrasi kisah nyata dengan judul “Death on Her Wedding Night”.

Tulisan tersebut mengisahkan akhir kehidupan dari seorang perempuan menjelang pernikahannya yang mendahulukan untuk mengerjakan salat isya, membuat para tamu undangan sudah hadir harus menunggu. Ketika bersujud, wanita tersebut tak bangun lagi. Ia tetap menunjukkan wajah tersenyum meski sudah berbalut kain kafan.

Baca Juga: Sunan Kalijaga Pamer Duit, Tapi Netizen Temukan Sesuatu yang Mengejutkan. Bikin Tertawa!

Mengenai berita palsu kematian Habib Rizieq juga disebarkan oleh blog pendulang uang dengan menjadi afiliasi situs judi, yakni antaracerita00.blogspot.co.id pada mei 2017 silam dengan judul “Geger! Ketua FPI Habib Rizieq Meninggal Dunia”.