Cuma Katakan Ini, Mahfud MD Bikin Fahri Hamzah dan Jubir KPK Tertawa Saat Debat Panas


SURATKABAR.ID – Kasus korupsi e-KTP yang melibatkan mantan Ketua DPR Setya Novanto masih menjadi pembicaraan hangat, baik dimasyarakat, maupun di kalangan pejabat.

Bahkan, kasus ini diangkat menjadi tema diskusi dalam program Mata Najwa yang ditayangkan pada 31 Januari 2018 di Trans TV.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Juru Bicara Komisi Pemberasntasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah sempat berdebat membahas hal tersebut.

Perdebatan ini bermula dari pernyataan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun yang menyebutkan kembali ucapan mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam sidang e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto.

Baca juga: Diprotes Wasekjen MUI, Tito Sebut Pidatonya Dipotong

“Hari Senin (sidang), pak Gamawan mengaku. Kata pak Gamawan, ‘menurut LKPP, itu harus dipecah dalam 9 item, kalau enggak, ada potensi pelanggaran-pelanggaran.’ Kemudian pak Gamawan membawanya ke Wapres. Wapres yang saat itu Boediono bilang (proyek) lanjut,” ujar Tama, seperti dilansir tribunnews.com.

Menanggapi pernyataan tersebut, Fahri menganggap bahwa Ketua KPK Agus Rahardjo terlibat. Saat dugaan korupsi ini bergulir, Agus menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Lantas, Fahri mempertanyakan kenapa KPK tak memperkarakan Agus. Bahkan, Fahri menyebut KPK sengaja melindungi Agus.

“Sekarang kalau masuk ranah itu, LKPP itu dipimpin oleh Agus Rahardjo. Mengapa Agus Rahardjo tidak diperiksa? Kenapa dia aman? Kenapa KPK melindungi Nazaruddin dan Agus Rahardjo?,” ujar Fahri.

Menanggapi hal ini, Febri pun menyebut bahwa Fahri tak paham mengenai hal tersebut. “Sebenarnya ini sudah sering disebut cuma pak Fahri nggak paham-paham soal itu. Jadi kalau kasus KTP elektronik itu bohong atau omong kosong…” jawab Febri.

Namun, belum selesai Febri bicara, Fahri langsung menyambarnya, “Tunggu bos, ini Agus Rahardjo dulu bos. Anda mau lari ke tempat lain nih, saya tahu Anda mau melindungi Agus Rahardjo.”

Karena perdebatan sengit ini, Najwa mencoba menenangkan Fahri. Namun, tiba-tiba Mahfud MD menyeletuk dengan santai. “Atau, saya aja yang menjawab soal Agus Rahardjo deh,” ujar Mahfud.

Baca juga: Resmi! KPK Tetapkan Zumi Zola Sebagai Tersangka Kasus Suap RAPBD

Alhasil, celetukan Mahfud ini langsung mengundang tawa dari Fahri dan Febri. Perdebatan yang sudah memanas kembali adem. Penonton juga memberikan tepuk tangan riuh untuk celetukan tersebut.

Berikut videonya: