Tegas! Kader Gerindra Minta Prabowo Deklarasikan Capres 2019


SURATKABAR.ID – Pada 6 Februari 2018 mendatang, Partai Gerindra akan merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Bertepatan dengan momen itu, muncullah usulan agar perayaaan HUT Gerindra itu menjadi momentum bagi Prabowo Subianto untuk mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2019.

“Nanti kita akan diskusikan. Memang ada usulan mau deklarasi calon. Usulan dari berbagai macam, dari DPC, DPD,” ungkap Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria, di Kantor DPP Gerindra, Jakarta, Senin (29/01/2018). Demikian seperti dilansir dari laporan Kompas.com, Selasa (30/01/2018).

Riza menuturkan, seluruh kader partainya sejauh ini memang sudah bulat untuk mendukung ketua umum mereka—Prabowo agar kembali maju dalam pencalonan presiden.

Hanya saja, Gerindra masih menunggu waktu yang tepat untuk secara resmi mendeklarasikannya.

“Kami, kader, pengurus, simpatisan, mendukung Prabowo sepenuhnya,” ujar Riza.

Baca juga: Giat! Sandiaga Uno Tingkatkan Porsi Latihan Demi Tantang Menteri Susi Lomba Renang

Riza optimis suara partainya akan meningkat pesat jika Prabowo diusung sebagai capres. Ini dikarenakan, pileg dan pilpres 2019 akan digelar secara serentak. Survei Lingkaran Survei Indonesia juga mengonfirmasi hal ini pada Januari 2018.

“Insya Allah, Partai Gerindra berkat dukungan dan simpati masyarakat seluruh rakyat Indonesia, mohon support, dukungan dan bantuan, Partai Gerindra akan naik rankingnya dan jadi pemenang pemilu,” beber Riza.

Sementara untuk calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo, Riza mengatakan masih butuh kajian lebih lanjut untuk hal tersebut.

“Tentu kita akan diskusikan dengan partai yang koalisi dengan Partai Gerindra,” tambah dia.

Sebelumnya, pada Pilpres 2014 lalu, Partai Gerindra juga mengusung Prabowo sebagai capres berpasangan dengan Hatta Rajasa yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum PAN. Namun pasangan ini kalah dari pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Tanggapan Prabowo

Sementara itu, melansir laporan Tribunnews.com, pihak Prabowo sendiri masih belum mau banyak menanggapi permintaan tersebut.

“Masih lama ini. Agustus, kan, masih lama,” ujar Prabowo di Kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta, Senin (29/01/2018).

Agustus 2018 merupakan waktu pendaftaran calon presiden dan wakil presiden 2019. Pendaftaran tepatnya dibuka pada 4-10 Agustus 2018. Ketentuan ini tertera dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017.

“Ya nanti kita lihatlah,” ujar mantan Danjen Kopassus ini.

Prabowo lalu bergegas masuk ke mobilnya. Ia enggan menanggapi lebih jauh perihal pertanyaan wartawan seputar kesiapan bertarung lagi pada pemilihan presiden.

Baca juga: Dahsyatnya Tupolev 16 Badger: Pesawat Bomber Kebanggaan TNI AU yang Pernah Bikin Australia Keder

“Kalian ini mancing-mancing saja,” seloroh Prabowo seraya tertawa.

Diketahui, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengungkap, ada permintaan yang muncul dari kader Gerindra agar deklarasi Prabowo sebagai capres segera dilakukan dalam waktu dekat.