Jujur! Asisten Cantik Menteri Susi Hampir Disuap Rp 50 Miliar, Ternyata…


    SURATKABAR.ID – Dunia politik memang sangat erat dengan tradisi suap menyuap. Selain menjadi alat untuk saling berebut dukungan sebanyak-banyaknya demi mendapatkan kekuasaan, money politik kerap kali digunakan sebagai pelumas agar maksud dan tujuan satu pihak disetujui.

    Ada satu nama di panggung politik yang diberitakan pernah dipikat dengan bergepok-gepok uang adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Ia diminta berhenti sebagai menteri dengan iming-iming imbalan sebesar Rp 5 triliun.

    Dan ternyata bukan hanya sang bos saja yang pernah hampir disuap. Asisten Menteri Susi, Fika Fawzia juga mengungkapkan bagaimana dirinya juga merasakan hal yang sama, yakni pernah hampir disuap oleh salah satu oknum demi mendapatkan keinginannya, seperti dilansir dari laman Tribunnews.com.

    Gadis cantik asal Kolaka, Sulawesi Tenggara tersebut blak-blakan mengisahkan pengalamannya menjadi asisten Menteri Susidi depan Tompi dan Glenn Fredly dalam sebuah tayangan video yang diunggah oleh channel YouTube Najwa Shihab pada Minggu (28/1) kemarin.

    Baca Juga: Tak Diakui PA 212 Karena Beda Cara Pandang, Garda 212: Nggak Penting, yang Paling Penting…

    Tak banyak yang mengetahui bahwa Menteri Susi mengemban tugas lain, bukan hanya kebijakan meledakkan dan menenggelamkan kapal-kapal asing yang memasuki wilayah perairan Nusantara. “Bu Susi menyisir anggaran sendiri,” tutur Fika, dikutip dari Tribunnews.com, Senin (29/1/2018).

    Gadis lulusan National University of Singapore tersebut mengungkapkan, bahwa dalam setiap rapat anggaran, Menteri Susi akan selalu memelototi satu-per satu nominal anggaran. Fakta ini ternyata sanggup membuat kedua presenter dan penyanyi yang mewawancarai wanita cantik ini terbelalak.

    Ketika dimintai konfirmasi terkait isu Susi Pudjiastuti yang pernah ditawari Rp 5 triliun untuk melepaskan jabatannya, Fika mengatakan, “Oknum lah, ya. Sebenarnya itu (uang) digunakan untuk membeli kebijakan. Yang dulu-dulu praktiknya adalah supaya kapal-kapal asing bisa masuk.”

    Baca Juga: Ricuh! ‘Diburu’ Najwa Shihab Saat Jadi Narasumber Mata Najwa, Anies Baswedan: Jangan Salahkan…

    Penyanyi Glenn kemudian menanyakan apakah Fika bisa mengantongi uang atau jaminan atau mungkin suap. Fika lantas memberikan jawaban lugas, “Ada sih, yang ngomong, ‘Kamu, orang kayak kamu biasanya saya kasih 50 M.”

    Namun asisten Menteri Susi yang kerap membagikan foto aktivitasnya melalui akun media sosial Instagram miliknya ini terang-terangan menolak tawaran yang sangat menggiurkan tersebut. “Uang bisa dicari, tapi kalau integritas, kejujuran itu kan ya.”

    Simak videonya di bawah: