Menurut SPIN, Inilah Empat Tanda Kuat Prabowo Bakal Menang di Pilpres 2019


SURATKABAR.ID – Berdasarkan dari hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki peluang yang besar mengalahkan Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019 nanti.

Igor Dirgantara, Director Survey dan Polling Indonesia (SPIN) menyebutkan meskipun saat ini Jokowi masih unggul dalam hasil survei, namun pergantian kepemimpinan nasional bukanlah hal yang tidak mungkin.

Bahkan menurutnya lagi, tidak menutup kemungkinan adanya duel antara Jokowi Vs Prabowo pada tahun 2014 yang lalu akan kembali terulang lagi dalam Pilpres 2019 ini. Nah, dilansir dari Tribunnews.com, menurut Igor inilah empat tanda Prabowo bakal bisa mengalahkan Jokowi dalam Pilpres mendatang.

Baca juga: Pelaku Ditangkap, PBNU Minta Polisi Usut Tuntas Motif Penganiayaan KH Umar Basri

#1. Elektabilitas Jokowi Masih di Bawah 50 Persen

Igor menyebutkan, berdasarkan dari hasil survei, elektabilitas Jokowi sekarang berada di sekitaran angka 38,5 persen. Sementara itu Prabowo sebesar 27,1 persen yang terpaut 11,4 persen saja.

Ini berarti masih terbuka lebar peluang Prabowo untuk menang. Dan meskipun bisa dibilang elektabilitas Jokowi lebih tinggi, namun masih di bawah 50 persen. Dengan kata lain, papar Igor, elektabilitas Jokowi masih diperoleh dari Pilpres 2014 yang lalu.

#2. Ingat Megawati

Igor juga menyebutkan PDIP memiliki sejarah hanya mampu memimpin satu peridoe saja. Dan itu terjadi pada periode Megawati Sukarnoputri pada tahun 1999-2004. Kemudian bu Mega dikalahkan oleh sosok SBY yang kala itu menjabat sebagai Menkopolhukam. Padahal saat itu Megawati memiliki elektabilitas di atas 50 persen. Dan sekarang Jokowi elektabilitasnya di bawah 50 persen, jadi masih terbuka kemungkinan-kemungkinan.

Baca juga: Terima Laporan Ada Mobilisasi Becak, Sandi Akan Tegas Lakukan Hal Ini

#3. Prabowo Memiliki Anies dan Sandi

Igor menyebutkan jika hasil survei LSI juga mengindikasikan elektabilitas Prabowo akan terus naik jika publik melihat kinerja Anies Sandi yang bisa menepati janji-janjinya. Dan sampai saat ini, papar Igor, Anies-Sandi cenderung menepati janji-janjinya.

#4. Jokowi Dinilai Tak Sesuai antara Janji dan Kenyataan

Yang terakhir, menurut Igor saat ini masyarakat sudah bisa melihat kinerja Jokowi yang tak selaras antara janji dan realita. Munculnya berbagia polemik seperti halnya PKI, Perppu Ormas, dan masih banyak lagi yang lainnya merupakan beberapa hal yang dianggap Igor sebagai problem ketidakselarasan antara janji dan realitas dari Jokowi.