Drastis! Sempat Hebohkan Dunia karena Ukuran Tubuhnya, Kini Bocah Obesitas Arya Permana Berubah


 

SURATKABAR.ID – Sosok bocah berumur 12 tahun dari Jawa Barat, Indonesia, yang bernama Arya Permana sempat memviralkan jagad dunia maya semancanegara. Publik menyorot figurnya karena ukuran tubuh si bocah yang memang tak biasa. Pasalnya, bocah itu mengalami obesitas sehingga tubuhnya menjadi luar biasa besar. Bermain dengan teman-teman sebaya mestinya menjadi hal yang menyenangkan bagi Arya. Namun dengan berat 130 kilogram lebih, ia hanya bisa terbaring di tempat tidur pada saat baru berusia 10 tahun.

Tak hanya itu, Arya bahkan tak bisa sekolah atau mengenakan pakaian selain sarung longgar. Aktivitas kesehariannya sangat terbatas dengan ponselnya. Nafsu makannya yang tinggi membuat Arya akan melahap makanannya dengan menu berupa nasi, kari ikan, daging sapi, sup sayuran dan tempe. Dia makan lima kali sehari dan merasa selalu lapar, lelah dan terengah-engah. Demikian sebagaimana dilansir dari laporan TribunNews.com, Sabtu (27/01/2018).

Kabar seputar kondisi Arya ini bahkan sudah tersebar kemana-mana lantaran media asing seperti Mirror dan Unilad juga ikut memberitakannya. Dalam laman Mirror, contohnya, dikatakan bahwa ibunya yang bernama Rokayah Somantri (37) menjelaskan, “Dia hanya makan dan tidur saja. Tidak ada rasa sakit lain selain melihat anak sendiri menderita. Tidak ada ibu yang ingin berhenti memberi makan anak-anaknya tapi saya seperti tidak berdaya. Kami tidak punya uang untuk menemui dokter dan telah menghabiskan semua tabungan kami untuk memberinya makan.”

Karena ukuran tubuhnya yang tidak biasa ini, para ahli diet lantas memberikan perhatian khusus mereka kepada Arya. Bersyukur, dalam penampilan terkininya, Arya telah mampu mengubah hidupnya secara dramatis dan menjadi lebih baik.

Baca juga: Tegas! PDIP Tak Setujui Satu Kebijakan Jokowi

Operasi Bariatrik

Si bocah rupanya mengganti pola makan yang tidak sehat lalu memasukkan banyak buah dan sayuran bergizi ke dalam menu kesehariannya. Ia juga menerapkan sejumlah saran dari para ahli diet.

Lebih lanjut lagi, Arya juga menjalani operasi bariatrik untuk menurunkan berat badan pada pasien obesitas di bulan April 2017 lalu. Langkah penyembuhan ini membuat berat badannya turun 19 kilogram hanya dalam beberapa minggu.

Usai dioperasi, Arya sekarang hanya bisa mengonsumsi empat sendok makan nasi dan minum susu diet. Dia juga dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.

Kini, dengan berat di 120 kilogram, kesehatan dan kesejahteraan Arya telah jauh meningkat dan semua orang ikut berbahagia untuknya.

Anak laki-laki yang dulunya tidak bisa bersekolah itu, sekarang telah menikmati kehidupan yang aktif dan energik. Bahkan Arya bisa bermain sepak bola dan bulutangkis bersama teman-teman. Dan yang mengejutkan, dirinya bisa berlari sejauh dua kilometer setiap hari!

Ibu Rokayah berkata, “Saya sangat senang melihat kesehatan anak saya sekarang. Saya tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata betapa bahagianya saya. Rasanya menyenangkan melihat dia bermain dan pergi ke sekolah seperti biasa. Dia adalah seorang siswa yang cerdas dan selalu meraih prestasi sampai dia harus berhenti sekolah karena tidak bisa berjalan. Kami berharap dia akan segera mengurangi berat badan ekstranya dan menjalani kehidupan normal yang sehat seperti anak-anak kita yang lain,” urainya.

Perubahan drastis yang terjadi pada Arya memang sangat mencengangkan setelah ia memutuskan untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Keputusan besar yang diambilnya demi perubahan ini juga terbilang mengagumkan untuk anak seusia Arya yang masih muda, demikian dikutip dari Batam.TribunNews.com.

Arya memang mungkin masih punya beberapa tantangan yang perlu diatasinya, namun dengan dampingan orangtuanya yang meyakini putranya mungkin memerlukan operasi lebih lanjut tahun ini, diharapkan si bocah bisa mendapatkan berat tubuh normal serta menjalani kehidupan sehat yang menyenangkan.

Baca juga: 9 Makhluk Ini Paling Langka Sedunia, Tak Disangka Salah Satunya Berada di Jawa!

Lihat bagian dari perjalanannya yang luar biasa di bawah ini, seperti dikutip dari Liputan6.com. Dengan niat, tekat dan kemauan yang keras, semua orang yakin Arya akan terus berkembang dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.