Mendadak Populer Usai Menolong Bocah Korban Penculikan, Siapakah Sosok Eka Febriana?


SURATKABAR.ID – Nama Eka Febriana mendadak terkenal setelah dirinya menjadi penolong gadis kecil bernama Vanessa Dewi Saraswati, pelajar SD Muhammadiyah 4 Surabaya yang menjadi korban penculikan pada Senin (22/1) malam.

Perempuan berusia 22 tahun berwajah manis ini menuturkan, ia tengah bersantai di salah satu stan di SPBU tempat dirinya bekerja pada waktu kejadian berlangsung. Ketika itulah mendapati sosok gadis kecil berjalan memasuki area SPBU, seperti dilansir dari laman Jawapos.com.

Melihat Vanessa yang tampak menggigil, berjalan lemas sambil menangis, Eka merasa penasaran. Terlebih siswi SD tersebut masih mengenakan seragam sekolahnya. Petugas SPBU tersebut pun langsung mendekati bocah malang yang semakin menunjukkan wajah kebingungan itu.

“Saya tanya, sama siapa, Dik? Bilangnya, ia sendirian. Dia terpisah dari mamanya,” tutur Eka yang ditemui pada Rabu (24/1) pukul 14.00 WIB, seperti dikutip dari laman Tribunnews.com pada Kamis (25/1/2018).

Baca Juga: Kursi Kondangan ‘Pribumi’ Dipakai Model Cilik Korea Lee Eun Chae dalam Sesi Foto, Netizen Gempar!

Hati nurani Eka langsung tergugah mendengar kisah Vanessa. Ia memutuskan untuk membantu bocah malang tersebut. Terlebih ketika gadis cilik di hadapannya mengaku kelaparan. Perempuan yang tinggal di Perumahan Pesona Candi III ini pun mengajak Vanessa ke kantornya.

Eka membelikan minuman dan semangkok bakso. Gadis kecil yang awalnya menolak pemberian Eka akhirnya menurut setelah dipaksa untuk makan. Menurut penuturan Eka, Vanessa terlihat ketakutan pada dirinya juga pada lingkungan di sekitarnya.

“Ia mengaku lapar. Saya belikan bakso dan minuman untuknya. Tapi, makannya tidak terlalu lahap. Mungkin ada perasaan takut dalam benaknya,” ujar Eka yang kemudian melanjutkan kisah yang menimpa Vanessa hingga ia sampai menjadi korban penculikan tersebut.

Usai melahap makanan dari Eka, dengan suara pelan, Vanessa mulai bercerita. Ia yang awalnya menjadi korban kecelakaan ketika ia dan adiknya, Andito Abimanyu dibonceng sang ibu, Astuti menabrak pembaras jalan. Seseorang yang tak dikenal membawa Vanessa hingga ke Pasuruan.

Baca Juga: Nama SBY Hingga Gamawan Fauzi Muncul, Fakta Sidang Setnov Mulai Terbongkar!

Pada waktu kecelakaan, ibunya merasa sangat panik, pasalnya Tito, sapaan Andito Abimanyu mengalami luka. Dibantu warga yang berada di lokasi, ibunya membawa Tito ke rumah sakit. Sementara Vanessa sendiri dibonceng pelaku dengan motor untuk berkeliling hingga sampai di Ranci, Bangil.

“Kalau penculikannya saya tidak tahu pastinya seperti apa. Tahunya, pas ada di SPBU,” jelas wanita kelahiran 12 Februari 1995 yang sudah bekerja di SPBU Raci sejak tahun 2013 usai dirinya tamat sekolah di SMK PGRI 2 Pasuruan.

Berniat membantu Vanessa, Eka segera melaporkan kejadian tersebut pada rekan-rekan kerjanya di SPBU. Supervisor SPBU tersebut, Agung langsung menghubungi Polres Pasuruan yang tak lama kemudian tiba di lokasi untuk meminta keterangan dari korban penculikan tersebut. Pukul 21.30 WIB, Vanessa dibawa oleh pihak kepolisian.