Kerap Potong Penjelasannya, Najwa Shihab Ditegur Anies Baswedan


SURATKABAR.ID – Sosok Najwa Shihab selalu menjadi ‘momok’ tersendiri bagi sebagian narasumber. Jurnalis senior satu ini seringkali membuat para narasumbernya keok dengan berbagai pertanyaan kritis yang dilontarkannya.

Hal tersebut hampir saja terjadi saat Mbak Nana, sapaan akrab Najwa Shihab, menghadirkan tamu Gubernur dan Wakil Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Bukan tanpa alasan, putri Quraish Shihab tersebut mengundang kedua pemimpin ibu kota itu untuk membahas kinerja mereka selama 100 hari memimpin Jakarta. Beberapa isu krusial seperti halnya DP 0 Rupiah, penataan PKL di Tanah Abang, sampai Becak menjadi perbincangan malam itu.

Ada hal yang menarik saat Najwa Shihab mececar pertanyaan kepada Anies Baswedan. Najwa Shihab yang kritis sampai kerap memotong pembicaraan akhirnya kena semprot Anies Baswedan.

Baca juga: Curhat Setnov di Rutan KPK: Cuci Piring Sampai Makan Mi Instan

“Saya selesaikan sebentar Jakarta itu ada pusat, timur, barat, dan utara. Tiap-tiap daerah itu,” kata Anies Baswedan, seperti yang dilansir dari Liputan6.com

“Sisi lainnya beda?” selak Najwa Shihab.

“Bukan sisi lainnya beda-beda, aturan dari pemerintah pusatnya beda-beda,” jelas Anies Baswedan.

Meskipun diprotes Anies Baswedan, Najwa kembali menimpali pernyataan dari mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia itu, padahal Anies mengaku belum selesai menguraikan penjelasannya.

“Karena ini menggunakan FPLP aturan pemerintah pusat, bukan dari pemerintah provinsi?” kata Najwa Shihab.

Baca juga: Petualangan ‘Ratu Hipnotis’ Tamat Saat Aksinya Incar Siswi SD Terekam CCTV

“Ya betul, karena itu izinkan saya selesaikan dulu. Habis motong-motong terus sih,” protes Anies Baswedan yang langsung disambut tepuk tangan penonton.

Najwa pun langsung tersenyum mendengar protes dari orang nomor satu di Jakarta itu.

Anies Baswedan dan Najwa Shihab Dibully

Seperti yang kita ketahui bersama, banyak sekali pro dan kontra muncul setelah talk show panas antara Najwa Shihab dan dua pemimpin Ibu Kota itu. Tak hanya Anies saja yang dibully warganet lantaran dianggap memberi jawaban yang berputar-putar dan dianggap kurang jelas, Najwa Shihab juga dianggap kurang sopan lantaran sering memotong Anies yang belum selesai bicara.

Dialnsir dari Tribunnews.com, begini beberapa komentar warganet yang kontra dengan apa yang dilakukan Najwa Shihab

Baca juga: Jengkel Perizinan Investasi Lelet, Jokowi ke Pemda: Jangan Buat Perda-Perda Lagi yang Nambah Ruwet

@febri_isagenix : Klo lagi nanya itu harus nya selesaikan dulu jawabannya jangan main potong, main nyerocos aja. Klo gk sesuai dengan jawaban yg diingin kan nadanya mulai tinggi. Belajar dari acara ILC, Pak Karni Ilyas Diam ketika narasumber menjawab pertanyaan bukan malah ikut ngoceh kagak jelas. Ganti aja nama acaranya jadi #mulutnajwa lebih bagus dari pada matanajwa tapi mulutnya jalan mulu kayak kereta api.

@razkal_indra : Kelihatan sekali mau menyudutkan.. Kalau mau nanya fear lah biarkan dlu orang jawab bru di tanya lg.. Jgn di potong ditengah2..

Meski begitu tak sedikit pula yang pro dengan sikap Najwa yang dianggap bisa menggali informasi lebih jauh dari narasumber.